Mohon bantuan dari milister yang memahami tentang hazard categories untuk peralatan electronic di petrochemical plant. Dari data peralatan yang ada tertera AEX nL IIC T4. Untuk symbol IIC T4, saya dapat mengidentifikasinya, yaitu IIC = typical explosive gases untuk area yang mengandung water gas, hydrogen. sedangkan T4 merukapan ignition temperature over 135 deg C up to 200 deg C. Nah, apakah ada yang tahu arti dari sybol AEX dan nL? Apakah peralatan dengan symbol AEX nL IIC T4 bisa di perbolehkan untuk dioperasikan di area petrochemical plant?

Tanya – Rury Novrian

Dear milister,

Saya mohon bantuan dari milister yang memahami tentang hazard categories untuk peralatan electronic di petrochemical plant. Dari data peralatan yang ada tertera AEX nL IIC T4. Untuk symbol IIC T4, saya dapat mengidentifikasinya, yaitu IIC = typical explosive gases untuk area yang mengandung water gas, hydrogen. sedangkan T4 merukapan ignition temperature over 135 deg C up to 200 deg C.

Nah, apakah ada yang tahu arti dari sybol AEX dan nL?

Apakah peralatan dengan symbol AEX nL IIC T4 bisa di perbolehkan untuk dioperasikan di area petrochemical plant?

Atas saran dan masukannya diucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – togu bintang

Sedikit ttg yang saya ketahui AEX nL IIC T4

1. A = American National Standard

2. EX = Explosion

3. nL = Limited energi

4. IIC =Group Gas

5. T4 = Temperature Class

type NL merupakan protection concept. dengan membatasi energi. Secara umum bisa dipakai di petrochemical, tetapi masih tergantung dari situasi hazardousnya.

Tanggapan 2 – Jazaly

P’ Rury,

A = American national standard (NEC 505)

Ex = explosion protected

nL = Zone 2 (~ div.2) .

Bisa tidaknya tergantung assigned area class nya.
Semoga membantu.

Tanggapan 3 – Arief Rahman

Rury,

Kalau menurut standard IEC, type of ‘n’ protection : ‘Type of protection applied to electrical apparatus such that, in normal operation and in certain specified abnormal conditions, it is not capable of igniting a surrounding explosive gas atmosphere’.

Contohnya adalah : Restricted Breathing (nR), Non Sparking (nA), Enclosure with Purging (nZ), non Incendive (nC) equipment dsb-dsb.

nL menurut standard IEC adalah Type-n dengan limiting energy.

Kalau soal bisa dipakai untuk di hazardous area atau tidak bisa di check dari markingnya. Menurut standard IEC, kalau markingnya Ex [nL], maka bias dipakai. Tapi kalau [Ex nL] maka tidak bisa dipakai di Hazarous area (IEC 60079-15, paragraph 8.2, page 69).

Huruf ‘A’ di depan Ex artinya adalah bahwa peralatan tersebut dibuat based on American Standard (A menunjukkan American).