‘CT’ pada trafo stepdown adalah kependekan dari Center Tapped. Trafo model lama biasanya hanya terdiri dari sepasang keluaran yang kalau di Glodok dikenal dengan dengan trafo ‘engkel’ dimana output voltase adalah beda pontensial diantara 2 pull-nya. Trafo tipe CT, jumlah pull ada 3, misalnya 9-CT-9, beda pontensial antara 9 dan CT adalah 9 volt dan 9 dengan 9 adalah 18 volt. Trafo ini dibuat dengan cara menggabungkan 2 buah coil yang identik dimana CT adalah gabungan 2 kabel yang ada dan dijadikan pull (kalau lihat gambar skema trafo CT mungkin lebih jelas). Kelebihan trafo jenis ini adalah arus yang dihasilkan lebih besar dan biasa digunakan untuk membuat rectifier jenis full wave .

Tanya – John

Bapak-bapak yth,

Maaf kalau pertanyaan saya ini dianggap bodoh……

Saya masih sekolah di SMU, setiap hari saya ikutan membaca email dari migas ini atas ijin papah saya. Saya ada pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran fisika, begini: pada trafo stepdown pada keluarannya ada tertulis 6 V, 9V, 12V dan ‘CT’, pertanyaan saya adalah apa yang dimaksud dengan ‘CT’?

Tanggapan 1 – mas jaya

‘CT’ pada trafo stepdown yang saya tahu adalah kependekan dari Center Tapped.

Trafo model lama biasanya hanya terdiri dari sepasang keluaran yang kalau di Glodok dikenal dengan dengan trafo ‘engkel’ dimana output voltase adalah beda pontensial diantara 2 pull-nya.

Trafo tipe CT, jumlah pull ada 3, misalnya 9-CT-9, beda pontensial antara 9 dan CT adalah 9 volt dan 9 dengan 9 adalah 18 volt. Trafo ini dibuat dengan cara menggabungkan 2 buah coil yang identik dimana CT adalah gabungan 2 kabel yang ada dan dijadikan pull (kalau lihat gambar skema trafo CT mungkin lebih jelas).
Kelebihan trafo jenis ini adalah arus yang dihasilkan lebih besar dan biasa digunakan untuk membuat rectifier jenis full wave .

semoga berguna, maaf bahasanya agak njlimet, maklum bukan orang elektro.

Tanggapan 2 – Andy Sulis

CT = Center Transformer

Contoh

Teganggan Pada Trafo itu adalah 12 9 6 3 CT 3 6 9 12 jika alat yg anda akan gunakan itu cukup membutuhkan tegangan (+) dan (-) aja maka anda bisa memakai CT sebagai (-) dan satu nya bisa sesuai tegangan yang diperlukan. tapi ada peralatan yg membutuhkan tegangan semisal (+)12 CT/0 (-)12 jadi itu fungsinya CT pada Trafotersebut diatas. contohnya seperti tegangan yg diperlukan pada IC OP 741.
Semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – mas jaya’

Maaf ingin menambah, trafo ct itu memang center tapped travo, sederhananya, ct ini fungsinya sebagai titik netral travo keluaran, pada travo biasa ketika akan dipergunakan untuk penyearah tegangan, titik nol (ground) diambilkan dari kaki anoda dioda, sedangkan pada trafo ct, titik nol diambilkan dari ct yang bersifat netral, untuk lebih jelas dapat dibaca di buku-buku pengenal elektronika. pada ct ini keluaran tegangan lebih baik karena ct ini menghasilkan grounding yang lebih sempurna.