Cara yang paling efektif dan lumrah preservasi untuk pelat baja yang disimpan di luar dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 2 tahun) adalah dengan mengaplikasikan temporary coating sebelum material di storage. Bentuknya bisa shopprimer coat (diaplikasi semasa material masih di mill) atau primer to tie coat application saat material diterima di field.

Tanya – F E B I

Mohon info dan masukan dari rekan-rekan sekalian mengenai preservasi untuk pelat baja yang disimpan di luar dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 2 tahun).

Sedikit latar belakang, biasanya pelat baja yang diterima disimpan di tempat terbuka (lapangan) dibiarkan terbuka saja, kena hujan dan panas, karena memang prosedure storage kita hanya untuk penyimpanan dalam jangka waktu pendek antara receiving dan pemakaian untuk fabrikasi.

Pada salah satu project yang selesai 3 tahun, semua pelat dibeli di awal project, mungkin atas dasar pertimbangan harga baja pada saat itu, sebagian pelat baru digunakan di fabrikasi 1.5 atau 2 tahun kemudian. Timbul masalah saat akan digunakan ternyata pelat yang disimpan di luar tersebut sudah mengalami korosi luar biasa, sampai timbul pitting. Sayang sekali potensi masalah seperti ini tidak diidentifikasi di awal.

Namun seandainya potensi masalah ini diidentifikasi di awal, bagaimana cara preservasi yang paling memungkinkan? Ada yang menyarankan ditutup pakai terpaulin (masih ada resiko air atau humidity terkurung di dalam sehingga korosi tetap terjadi), atau pelat2 tsb dicat prime-coat (dengan pertimbangan biaya yang tinggi).

Mohon sharing nya, mungkin ada yang punya pengalaman atau pernah dengar mengenai ini.

Tanggapan 1 – Putu Mahatrisna / Sea6diveR

Pak Febrian,

Sedikit urun rembug..

Masalah yang anda kemukakan memang sudah lama bikin pusing, terutama di fabrikator-fabrikator yang laydown area materialnya adalah daerah terbuka dengan humidity tinggi, seperti shipyard.

Cara yang paling efektif dan lumrah adalah dengan mengaplikasikan temporary coating sebelum material di storage. Bentuknya bisa shopprimer coat (diaplikasi semasa material masih di mill) atau primer to tie coat applicatio saat material diterima di field.

Ranking temporary coating/ shoprimer/ holding primer menurut beberapa literatur coating engineering adalah yang berdasar pada:

– Zinc Rich Etil Silicate

– Zinc Rich 2- pack Epoxy

– Iron Oxide 2-pack epoxy

– Iron oxide polyvinil butiral/ phenolic resin.

Pemilihan coating yang optimal bisa berdasarkan pada kebutuhan teknis vs cost.
Teorinya aplikasi coating menambah cost produksi diawal, tapi tetap lebih menguntungkan daripada material tidak bisa dipakai setelah beberapa lama.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Budi Arman

Halo Mas Febi,

Saya juga sering melakukan hal yang sama, Cuma beda nya material yang saya gunakan adalah Casing/tubing utuk keperluan drilling, dimana kita juga sebagian digunakan untuk jangka waktu yang nanggung 1-3 tahun kemudian dilingkungan marine, jadi untuk perawatannya kita menggunakan coating sementara (temporary). Yang mana aplikasinya sangat murah ( surface preparation cukup sederhana, ga perlu blasting) dan cat nya juga murah, (lebih kurang 10juta/ 200liter harga site balikpapan), aplikasi D.F.T Cuma 50-60micron. Dengan range volume solid 30-40% (untuk estimated kebutuhan cat).

Coating ini juga sangat mudah diremove bahkan tidak perlu. Karena unsurnya terdiri dari bitumen dan aliphatic Hydrocarbon, tapi hanya tersedia dalam dua pilihan, hitam dan transparan (seperti varnish).

Secara teknik, coating ini memang diperuntukan untuk perlindungan sementara selama transit, shipping, dan penyimpanan sementara.

Saya berani merekomendasikan ini karena selain menggunakan cat ini di tempat kerja, topic ini juga saya angkat jadi bahan thesis S2 saya. Mudah2 an membantu, dan jangan lupa feedback dari yang lain yang sudah expect dilapangan.

Tanggapan 3 – Rio Hendiga

Kebetulan kerjaan saya ada hubungannya juga dg permasalahan yang anda alami, khususnya dg barang after fabrikasi yang waiting for shipment dlm jangka yang lama, yang mana kita sulit untuk mengontrol humidity di storage area ( maklum sekarang lg musim hujan ).

Kami memakai 2 merek yang berbeda yaitu C*****L Rustilo 150 dan K****O 101 ( maaf saya tidak sebutkan mereknya, khawatir kena semprit lagi ama Bang Mod).
Harga untuk 1 Drum salah satu merek di atas sekitar 1000 $S.

Semoga membantu.