IS 210 FG260 merupakan jenis cast iron atau besi tuang dan secara metallurgy pasti bersifat self lubrication yang better than Baja karbon. Self lubrication ini disebabkan karena cast iron atau besi tuang sebagian besar carbon berbentuk grafit. Selain self lubrication yang lebih baik, cast iron juga mempunyai ketahanan meredam getaran yang lebih baik dibanding carbonsteel sehingga lebih tahan fatik terutama untuk part-part yang berputar atau bergetar. Material jenis ini sangat mudah di casting jadi kalau mau dengan ukuran diatas 50 mm pesan saja di cast iron foundry seperti Geteka, Bakrie tosanjaya, TAM, Aisin, dsb dan kebayakan pakai standar JIS atau mereka menyebut FC250.

Tanya – Tata Pelita

Kepada semua rekan milis,

Di pabrik kami terdapat part equipment dengan MOC grade FG260 as per IS 210 standard. Dengan IS adalah Indian Standard. Mohon bantuannya jika ada yang mengetahui equivalennya dengan standard lainnya seperti AISI, JIS dan lainnya.
Terima Kasih.

Tanggapan 1 – mas jaya

IS 210 equivalen dengan ASTM A126 atau JIS G5501 sedangkan FG260 maksudnya adalah tensile strength-nya = 260 N/mm2 di JIS biasa disebut FC260 atau di ASTM A126 Grade C.

Tanggapan 2 – Tata Pelita

Thanks Pa,

Sekedar sharing, part yang terbuat dari material FG2600 IS 210 tersebut merupakan bagian static relative terhadap beberapa ring yang berputar. Mengingat kuantitasnya yang tidak banyak saya berencana membuat sendiri dengan equivalent material JIS atau ATM A126 class C tersebut.
Namun untuk JIS standard G5501, sampai dengan sekarang saya dapat info product tersebut hanya sampai dengan ketebalan <= 50 mm.

Lebih lanjut mengenai material FG260 IS 210 tersebut, apakah benar dan apa dasar metallurgynya bahwa material tersebut (cast Iron) mempunyai self lubrication property better than carbon steel?

Tanggapan 3 – mas jaya

Untuk IS 210 FG260 merupakan jenis cast iron atau besi tuang dan secara metallurgy pasti bersifat self lubrication yang better than Baja karbon. Self lubrication ini disebabkan karena cast iron atau besi tuang sebagian besar carbon berbentuk grafit. Selain self lubrication yang lebih baik, cast iron juga mempunyai ketahanan meredam getaran yang lebih baik dibanding carbonsteel sehingga lebih tahan fatik terutama untuk part-part yang berputar atau bergetar.

Material jenis ini sangat mudah di casting jadi kalau mau dengan ukuran diatas 50 mm pesan saja di cast iron foundry seperti Geteka, Bakrie tosanjaya, TAM, Aisin, dsb dan kebayakan pakai standar JIS atau mereka menyebut FC250.