National Energy Board Canada menyetujui aplikasi untuk konstruksi dan pengoperasian dari Project Gas Mackenzie di utara Canada.

Penulis : Christopher E. Smith

National Energy Board Canada menyetujui aplikasi untuk konstruksi dan pengoperasian dari Project Gas Mackenzie di utara Canada.

Project yang diusulkan termasuk 1,196-km Mackenzie Valley Pipeline, tiga lahan gas alam onshore, pipeline 457-km untuk membawa natural gas liquids dari Inuvik, NWT, dengan pipeline minyak gas yang ada di Norman Wells, NWT, dan fasilitas yang berhubungan lainnya.

Mackenzie Valley Pipeline, yang akan berjalan dari Beaufort Sea ke barat laut Alberta, di desain untuk membawa sampai 1.2 bcfd.

Kondisi 264 yang didempet NEB untuk izin project di area meliputi ketentuan engineering dan safety yang harus dipenuhi jika project akan dibangun. Jika federal cabinet menyetujui keputusan NEB, agensi akan mengeluarkan izin yang tepat, termasuk sertifikat convenience dan necessity public.

Perkiraan biaya terakhir Operator project, Imperial Oil, dikeluarkan pada tahun 2007, yang memancang project dengan 16 milyar dolar.

Disamping Imperial, Mackenzie Valley Aboriginal Pipeline LP, ConocoPhillips Canada (North) Ltd, Shell Canada Ltd, dan ExxonMobil Canada Properties memegang saham dalam project. Jika proponent memutuskan akan membangun Mackenzie Gas Project, mereka juga akan diperlukan untuk memperoleh berbagai izin dan wewewenang dari dewan lainnya dan agen pemerintah sebelum konstruksi dapat dimulai.

Sumber: www.ogj.com