Untuk pipa distribusi gas bumi tekanan rendah yang menggunakan pipa Polyethylene (PE) secara khusus memang diperuntukkan untuk kebutuhan rumah tangga dan komersial (industri kecil seperti usaha-usaha perumahan skala kecil), dimana aliran gas diambilkan dari pipa-pipa baja tekanan tinggi atau pipa PE tekanan menengah (mak. 6barg) yang kemudian diturunkan di MR/S distrik (yang berfungsi untuk mengontrol tekanan outlet ke pipa PE agar beroprasi pada mak 350 mbarg), selanjutnya pada setiap rumah (user) yang memakai gas tersebut harus memasang lagi 1 unit ball valve kelas 150 beserta 1 unit Regulator penurun tekanan (biasanya menggunakan merk Sclumberger WMR 25) yang mengatur tekanan outlet ke fasilitas dapur sebesar 25 mbarg – 30 mbarg beserta 1 unit Gas Meter Diapragma yang berfungsi melakukan perhitungan jumlah aliran gas yang masuk ke pelanggan tersebut. Kemudian gas dialirkan melalui pipa galvanis hingga ke dapur yang sebelumnya harus dipasang juga 1 buah block valve. Untuk Jaringan pipa di jalanan yang berada dalam kompleks perumahan sudah tidak diperlukan lagi sistim isolasi (cukup diisolasi di MR/S Distriknya).

Pembahasan – Andre Resdianto

Mohon tanggapannya karena menurut saya ini adalah masalah serius..

foto lokasi di jl. Nangka – kukusan Depok.

Tanggapan 1 – mmunarist

Tolong dikonfirmasi dulu..

Ini bukan pipa PE (polyethylene) untuk gas bumi rumah tangga, karena secara diameter, pipa PE gas bumi yang paling kecil adalah 20 mm inipun untuk service line after meter (sbg pipa instalasi). Sedangkan untuk pipa branching dan pipa distribusi memiliki diameter mulai 63 mm, 90 mm, 125 mm, hingga 180 mm (ekivalen dengan diameter pipa baja NPS 6 inci kelas 150). Pipa gas PE akan selalu ditanam (to be burried). Jika ada fasilitas upper-ground, maka pipa PE harus diganti dengan pipa baja #150 atau harus dilapisi (casing) dengan pipa galvanis.

Yang nampak di foto tersebut berdiameter kurang dari 20 mm. Jelas ini bukan pipa gas PE, kemungkinan besar ini adalah sambungan kabel FO (fibre optic) yang diambikan dari fasilitas kabel FO sambungan atas (flying FO cable). Bisa juga identifikasinya dilihat dari tagging code yang tertulis di kabel FO tersebut.

Memang secara warna, nyaris sama (kuning spotlight).

Tanggapan 2 – R. E. Saputra

Wah, massa sih pasang pipa gas di atas seperti itu???

setahu saya info dari kawan2 juga, di kukusan underground semua…..

mungkin fiberoptic punyanya 1stm*d*a……

Tanggapan 3 – And Riawan

Pak, koq seperti casing Fiber Optik?

PAsti Ilegal Pak, perusahaan sekelas PGN ga mungkin bikin pipa distribusi model seperti ini . . .

(lihat SK 300, tentang pemendaman pipa gas)

Tanggapan 4 – hasanuddin_inspector

Wah jangan trus langsung sebut illegal dunk pak..:) tar klo legal gimana?

Btw, pipa PE-nya PGN tuh setahu saya bagus tuh. Sebagai imajinasi saja, pipa itu tidak pecah meski dilindas truk tronton. Tahun 1996-an saya pernah kerja masang pipa ginian punya PGN Surabaya.

Cak Munari, monggo dijelaskan hhheee 🙂

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: