Seperti yang kita tahu N2 kita kenal dengan sebutan silent killer, sebenarnya di udara sendiri sudah terkandung N2, seperti yang kita telah Tau density dari N2 : 0.970 Dan density air (udara) approx :1, maka di pastikan Ne sangat berbahaya di ruang yang terbatas, sebenarnya yang berhaya adalah karena N2 menekan kandungan O2 content, yang standard untuk manusia adalah 20.8% v/v-19.5%v/v, jadi sebaik nya jika kita bekerja di ruang yang potensial terjadi paparan N2 di wajibkan menggunakan multi gas detector atau di lengkapi dengan SCBA.

Tanya – Mubarok

Mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut apa sebenarnya bahaya dari Nitrogen di milist ini. Dua hari yang lalu terjadi kasus di perusahaan saya, ship crews salah satu kapal kami meminta semua botol nitrogen yang ada di atas kapal diturunkan. Padahal nitrogen ini dipakai untuk system padding dan purging untuk pipa Methanol.

Tanggapan 1 – Sugeng Hariyadi

Pak Tono / Pak Mubarok,

Saya kirimkan kejadian / peristiwa 2 orang meninggal akibat Nitrogen di salah satu reaktor di luar indonesia. Dalam video investigasi incident ini bisa anda jadikan referensi. Mudah – mudahan bermanfaat dan menjawab pertanyaan anda.

Tanggapan 2 – agustinus.sasmoyo

Mas Mubarok,

Kebetulan saya banyak berkecimpung di gas nitrogen,

Karena kumpeni saya menjual nitrogen generator.

Saya pernah menjumpai dengan mata kepala saya sendiri rekan2 saya meninggal karena gas N2 ini dan hampir meninggal karena gas N2 ini.

Sebetulnya gas N2 tidak membuat orang meninggal namun yang menyebabkan meninggal adalah kelangkaan Oxygen (O2). Paparan Gas N2 UHP (ultra high purity >= 99.99% ) menjadi sangat berbahaya bila terjadi diruang tertutup / semi tertutup (misal vertical vessel dengan access man hole diatas).

Dari rekan yang pernah mengalami paparan gas N2 diruang semi tertutup karena kurang oksigen mengatakan :

– Bila terjadi rasanya seperti mabok kelas berat (soalnya dia pernah mabok i.e dengan Johny Walker) dan kesadaran hilang.

– Tidak bertenaga sama sekali sehingga tidak dapat menyelamatkan diri

Untuk mencegah hal-hal tersebut bisa dilakukan cara2 sbb :

– Color code pipa nitrogen dan pipa air plant service harus dibuat sangat berbeda dalam jangka waktu yang lama (karena biasanya keduanya biasa digunakan untuk flushing).

– Air plant service biasa digunakan untuk menuspply oksigen bagi operator yang masuk ke vessel.

– Gunakan hand held (portable) oxygen analyzer untuk memastikan kecukupan oxygen bagi operator

– Dalam keadaan yang ekstrem dapat digunakan masker O2 (ini jarang dilakukan)

Tanggapan 3 – triantoro

Dear millister,

Seperti yang kita tau N2 kita kenal dengan sebutan silent killer, sebenarnya di udara sendiri sudah terkandung N2, seperti yang kita telah Tau density dari N2 : 0.970 Dan density air (udara) approx :1, maka di pastikan Ne sangat berbahaya di ruang yang terbatas, sebenarnya yang berhaya adalah karena N2 menekan kandungan O2 content, yang standard untuk manusia adalah 20.8% v/v-19.5%v/v, jadi sebaik nya jika kita bekerja di ruang yang potensial terjadi paparan N2 di wajibkan menggunakan multi gas detector atau di lengkapi dengan SCBA,

Itu saja sekedar tambahan sari saya, silahkan dilengkapi
Terima kasih.

Tanggapan 4 – Hari Subono

Dear Pak Mubarok,

Sejauh yang saya ketahui gas nitrogen merupakan 1 dari 2 gas inert.

Gas inert ini satu di antara ‘manfaatnya’ adalah untuk mengusir gas oksigen.
Suatu ruangan/ space yang mana di-release/ di-inject gas nitrogen maka kandungan oksigen pada atmosfernya akan menurun, sedangkan sifat gas inert ini tidak berwarna dan tidak berbau – sehingga bagi seseorang yang tidak mengetahui bahwa gas inert sedang di-release maka ia tidak akan merasakan apa-apa dan tetap dapat bernafas dengan normal. Namun dikarenakan kandungan oksigen yang sudah menurun (manusia secara normal membutuhkan kandungan oksigen minimal 19,5%) maka dalam hitungan menit si korban dapat pingsan dan apabila tidak segera dievakuasi dapat menyebabkan kematian.

Pada pekerjaan-pekerjaan di dalam ruang tertutup/ confined space – tidak jarang terjadi kecelakaan yang dikarenakan nitrogen bahkan menyebabkan kematian.

Saya menyarankan agar tabung nitrogen tidak ditempatkan dalam ruang tertutup/ terbatas sehingga apabila terjadi kebocoran – gas nitrogen dapat terbebas ke atmosfer bebas.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 5 – Sugeng Hariyadi

Pak Budi / Mas Saputra

,

Tadi dokument file untuk kasus N2 deathly dan investigasinya sudah saya kirim lewat JEPRI, apa sudah diterima ya….,

Tanggapan 6 – amunawir

Jika tdk beracun, bukannya semua gas bersifat asphixiant di confined space?

Tanggapan 7 – Mubarok

Dear Mas2,

Terima kasih atas tanggapannya, sangat mencerahkan bagi yang awam mengenai HSE seperti saya. Seperti yang disebutkan oleh Mas Munawir memang gas tersebut difungsikan untuk memadamkan api/mencegah kebakaran dengan menekan kandungan O2. Kita juga menggunakan gas lain untuk fungsi yang sama yaitu CO2.