Saya butuh pencerahan mengenai kalkulasi firewater demand untuk crude storage tank. Dari hasil hitungan saya untuk kapasitas 25000 bbl oil dibutuhkan hampir 4000 gpm (Based on NFPA 15 for water spray; 10 L/m m2). Saya berpikir bahwa nilai seperti itu kok ga rasionable?!! Adakah rekan mengetahui sumber lain selain NFPA 15?? Terima kasih infonya.

Tanya – Hendra.Taruna

Dear Rekans,

Saya butuh pencerahan mengenai kalkulasi firewater demand untuk crude storage tank. Dari hasil hitungan saya untuk kapasitas 25000 bbl oil dibutuhkan hampir 4000 gpm (Based on NFPA 15 for water spray; 10 L/m m2). Saya berpikir bahwa nilai seperti itu kok ga rasionable?!! Adakah rekan mengetahui sumber lain selain NFPA 15?? Terima kasih infonya.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Saya kira anda terlalu dini mengatakan standard NFPA 15 ga rasional. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan sebelum melihat dulu standar standar lain dan good engineering practice di belahan bumi lain. Yang namanya standard internasional (meski sejatinya NFPA 15 adalah standard nasional) tentu saja telah melalui suatu rangkaian pengujian dengan percobaan dan dipresentasikan untuk mendapatkan tanggapan. Tidak sembarangan NFPA 15 menyebut angka 10 L/min/m2 sebagai angka minimum. Bahkan di seberang samudera, di Inggris, LPGA Code Of Practice 1.1 (sebelum akhirnya diganti oleh HSE) menyatakan rate minimum yang tidak jauh berbeda, yakni 9.8 L/min/m2. Bahkan percobaan yang dilakukan di Wormald Fire System oleh White dan Shirvil pada tahun 1994 menunjukkan bahwa mereka mampu mencapai rate deluge water sebesar 17.6 L/min/m2. Jauh sebelumnya sejak jadul (jaman dulu) di kala saya masih memakai celana pendek dan mengejar layang-layang putus, Factory Mutual pada tahun 1984 telah melaku
kan uji coba Fast Response Sprinklernya dengan RDD (required delivery density) sebesar 22.4 L/min/m2. Terakhir masih tahun kemarin, Nolan dan Davies (2004) pada kasus jet fire oleh liquid propane, menyarankan laju alir deluge sebesar 40 L/min/m2 (dan dia juga melakukannya dalam percobaan tentu saja)!!!

Masih menganggapnya irrasional?

Bahkan jika anda mencari pompanya, dengan laju 4000 gpm pun masih tersedia di pasar (NFPA 20, Standard for the Installation of Centrifugal Fire Pump, p 20-7). Kalaupun tidak tersedia, anda bisa menggunakan beberapa pompa dengan kapasitas yang lebih kecil secara paralel, sekalipun jumlah kapasitas pompa yang diparalelkan tidak mungkin sama dengan jumlah aljabar masing-masing kapasitas pompanya.

Hal yang penting diingat (selain laju alirnya) dalam pengaliran deluge sebesar ini adalah ketersediaan sumber airnya, kekuatan pipa, pemasangan PSV pada deluge system, ketersediaan bahan bakar untuk driver (biasanya diesel engine), dan lain lain.

Semoga mencerahkan,

Tanggapan 2 – Suryanto, Slamet

Mas Hendra,

Kalau menggunakan ACOP (approved code of practices), kebutuhan airnya kurang lebih sama untuk worst case yang sama. Masalahnya apakah worst casenya sudah teridentifikasi? Adakah tanki lain dalam bund wall yang sama? Atau di luar bundwall? Bagaimana dengan instalasi/bangunan lain?

Pendekatan lain yang dapat dipergunakan adalah Risk Informed Performance Based Fire Protection yang sudah mewabah 5-10 tahun terakhir di US dengan dimotori oleh SFPE (Society of Fire Protection Engineers) dan NFPA sedang mengadopsi pemikiran ini untuk code-code yang relevan. Pendekatan terakhir memungkinkan fire protection dapat lebih murah karena seni mendisain yang didasarkan pada risiko (peluang dan konsekuensi). Kembali pada deluge system, bahwa disain ini lebih ditujukan pada melindungi tanki yang belum terbakar (adjacent tanks). Dengan pendekatan Performance Based, anda bisa mempertimbangkan kebutuhan air yang lebih sedikit dengan mendisain heat flux pada obyek yang lebih kecil. Mohon diingat bahwa heat flux juga dipengaruhi oleh arah dan besaran angin. Jika tanki-tanki tersebut telah dibangun ada kemungkinan bahwa kebutuhan air bisa menjadi lebih besar (dibanding dengan menggunakan NFPA 15) jika besaran dan arah angin dipertimbangkan. Secara umum ACOP hanya mempertimbangkan setengah permukaan tanki yang dilindungi. Bayangkan bagaimana jika kondisi memungkinkan (arah, besaran, sudut lidah api) menelan tanki lain secara utuh (fire engulfment), apakah tanki hanya perlu dilindungi separuh?

Dari studi yang dilakukan HSE tahun 2002 pada tank fires menunjukkan bahwa terjadi fenomena splashed liquid meskipun area tanki dilengkapi dengan bundwall. Studi yang saya lakukan (2005) menunjukkan bahwa improvement pada bund wall disain akan mengurangi risiko fatality sampai dengan 80-90% untuk orang yang berada di sekitar area tanki tidak di dalam bundwall. Dengan sensitivity study, studi tersebut juga menunjukkan bahwa risiko eskalasi dapat dikurangi secara siknifikan dengan disain deluge system yang memadai dan fire brigade yang handal.

Jika berhadapan dengan asuransi, ajak adu debat secara rasional, biasanya manjur. Sayangnya untuk perusahaan asuransi di Indonesia masih hanya mengandalkan pendekatan ACOP. Sekarang tinggal Pak Hendra, mau memilih pendekatan yang mana?

Mudah-mudahan membantu.

Tanggapan 3 – Made Allan Pribadi

Dear Milister

Dalam diskusi mengenai topik ini telah menyebutkan beberapa perhitungan berdasarkan standard yang berbeda2, tapi saya tidak menemukan perhitungan yang mengacu pada standar API. Mohon pencerahannya mengenai perhitungan fire water yang berdasarkan API.
Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 4 – M.Hatta@ikpt

Merefer ke API, untuk proteksi di tangki storage atmospheric, spray diaplikasikan hanya untuk 3.7 m – 7.4 m bagian teratas dari shell tangki. Untuk application rate-nya sebesar 4.1 lpm/m2.

Mungkin yang lain bisa menambahkan reference yang lain untuk kasus yang sama.

Tanggapan 5 – Achmad Dahlan

Ronk sepertinya terjadi salah penafsiran oleh Bapak Hendra taruna mengenai Standard NFPA 15, disitu di tulis 10L/min/m2 itu kan standardnya.
Dari hitungan pak Hendra kan cuma keluar Flowratenya,

Sekarang coba pak Hendra hitung lagi berapa luas penampang Tankinya, terus bagi yang menurut hitungan anda 4000gpm tersebu dibagi luas penampang maka dapatlah flowrate setiap sprinkler , ya tidak beda jauh kan….?

Iya engga Ronk? yang dihitung pak Hendra ini total Flowrate untuk 12000bbl oil storage tank…., dia berhenti di Flowrate tok.

Ayo pak Hendra hitung lagi….,