Mohon bantuan, apakah referensi yang digunakan untuk guidance deflection criteria pada pressure pipelines? Code yang saya gunakan adalah ASME B31.8 dan API RP 1102. Tetapi di keduanya tidak menyebutkan nilai yang pasti berapa batasan defleksi untuk transition from buried to unburied pipelines. Sebagai catatan, data line pipes yang saya gunakan adalah; API 5L X65, nominal diameter 32′, nilai SMYS 65000. Juga, adakah criteria defleksi maksimum yang dapat diterima oleh pipelines tanpa harus menggunakan anchor block?

Tanya – Sidiq K

Dear Member,

Mohon bantuan, apakah referensi yang digunakan untuk guidance deflection criteria pada pressure pipelines?

Code yang saya gunakan adalah ASME B31.8 dan API RP 1102.

Tetapi di keduanya tidak menyebutkan nilai yang pasti berapa batasan defleksi untuk transition from buried to unburied pipelines.

Sebagai catatan, data line pipes yang saya gunakan adalah; API 5L X65, nominal diameter 32′, nilai SMYS 65000.

Juga, adakah criteria defleksi maksimum yang dapat diterima oleh pipelines tanpa harus menggunakan anchor block?

Terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 1 – Autumn Batara

Pak Sidik,

Apakah pipeline ini onshore pipeline? Apakah transition linenya natural bend? sehingga ada defleksi di transition buried-unburied pipe? mengapa tidak memakai long radius fabricated bend di transition sehingga bisa meminimalkan defleksi?

Tanggapan 2 – malik

Batasannya adalah defleksinya tidak menghasilkan stress yang melebihi allowable stress (sekian persen dari yield stress), untuk beberapa kondisi (operasi, instalasi, hidrotes, dll). Bisa lihat di standard, lengkap utk masing2 kondisi. Kalau utk transisi bingung milih pakai criteria buried atau unburied, pilih yang paling worst aja.

Tanggapan 3 – Sidiq K

Betul pak, memang transition linenya adalah natural bend pada onshore pipeline. Nilai defleksi dari titik fully restrain ke unrestrainnya sebesar 3.6 in dengan jarak transisinya 97.75 ft. nilai tersebut saya dapatkan menggunakan referensi Pipeline Rules of Thumb Handbook. Tetapi sayangnya di referensi tersebut tidak menyebutkan rekomendasi berapa nilai defleksi maksimum yang dapat diterima oleh pipa tanpa menggunakan support atau thrust block.

Kalau long radius fabricated bend saya tidak paham (maklum newbie). Apakah dengan menggunakan long radius fabricated bend bisa diketahui berapa defleksi maksimum yang bisa diterima pipa tanpa menggunakan support atau thrust block?

Seandainya saya gunakan nilai spacing dari support sebagai acuan untuk mendapatkan nilai defleksi maksimum apakah bisa diterima?

Tanggapan 4 – hadi muttaqien

Pak Sidik,

Baiknya dilakukan perhitungan ‘Stress analysis for pipeline installation’, tahap2/data yang diperlukan adalah:

– Pipe data

– Calculation:

– Trench Length

– Support Spacing

– Result :

– Profile of Lowering

Sehingga didapat minimum lowering length yang akan menentukan min span deflection of the pipe /kedalaman pipa dan minimum trench length saat lowering/pipe laying.

Demikian, semoga membantu.