Saya baru lulus s1 perminyakan skr lagi lamar kerjaan. Kemarin saya ditawarin sebagai Cementing Eng, tapi ketika wawancara si pewawancara malah minta saya untuk jadi Helper, karena katanya sebelum jadi Engineer hrs dari bawah dulu katanya.. menurut bapak bgm?? Kira2 apa sih job des dari seorang helper dan bagaimana menurut bpk apakah sy hrs terima tawaran itu?

Tanya – Jackson Jackson Sucardi

Saya baru lulus s1 perminyakan skr lagi lamar kerjaan.
Kmrn saya ditawarin sebagai Cementing Eng, tp pas wawancara si pewawancara malah minta saya untuk jadi Helper, karena katanya sebelum jadi Engineer hrs dari bawah dulu katanya.. menurut bapak bgm??
kira2 apa sih job des dari seorang helper dan bagaimana menurut bpk apakah sy hrs terima tawaran itu?

Tanggapan 1 – pala_utama

Dik Jackson,

Benar kata Iqbal bahwa ente di terima sebagai assistance Engineer karena tidak ada dalam istilah Inggris Engineer Helper, maka ada 2 kemungkinan yg perlu di amati:

1. Orang tersebut akan menguji mental anda, sampai di mana keseriusan anda untuk menerima pekerjaan tersebut.

2. memang orang tsb sendiri tidak mengerti istilah dalam bahasa Inggris dan dia dulu bekerja memang mulai dari Helper, bagaimanapun beda antara Helper dgn Asisstance.
sebutan untuk seorang S1 wajar untuk di sebut engineer walaupun sebagai assistance, tapi kalau helper orang tidak perlu sekolah tinggi,karena pekerjaannya amburadul, mulai dari menggerinda, menyapu,mengambil kawat las dll.

Tanggapan 2 – hotma parasian

Tapi benar lho pak, kalau di service company memang seperti itu umumnya karena aya dulu pernah mengalaminya aktu bekerja di mobil oil ditahun 1997 Lhok Sukon-Aceh Utara, tapi nggak a..pa.. karena gaji dan fasilitas+penglmn, alau kita yg baru, fresh graduate biasa disebut sebagai helper dulu dan memang erjanya amburadul, ambil aja ebagai batu loncatan, beda..kalau didunia epc, kita di-hired sebagai asst eng tau bahkan langsung eng dan kita g punya gelar jadi merasa ‘tersanjung’ walau gajinya dibawah standard. Nah ekarang tergantung kita yg menentukan ilihan, apa mau di service company yg higher salary or epc company yg lower alary, tapi saran saya anda sbg org minyak mbil yg service company dong yg benar2 related kedunia oil&gas.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing Migas Indonesia pembahasan bulan Desember 2010 ini dapat dilihat dalam file berikut: