Untuk menghitung/ mengestimasi banyaknya consumables welding yang harus diorder, ada beberapa hal yang mesti diketahui. 1. Berapa Tebal Pelat atau Pipa yang akan disambung ?; 2. Berapa jumlah joint yang dilakukan dengan cara : SMAW, FCAW dan SAW; 3. Untuk masing-masing cara, bagaimana bentuk joint designya ? ; 4.Setelah diketahui jumlah berat logam las per meter untuk masing-masing cara diketahui, maka untuk menghitung berapa kawat las yang harus di order dikalikan dengan Deposition masing-masing proses.

Tanya – Jumiatul Ikhlas

Dear all,

Bagaimana menghitung/estimate banyaknya consumable welding (electrode/filler rod/flux) yang mesti diorder dalam suatu proyek konstruksi? Apa ada formula khusus ataupun yang praktisnya? Contoh masalah: Total berat module(structural only) sekitar 300 ton, process welding yang terlibat adalah adalah SMAW , FCAW, dan SAW, joint design ada yang Full Penetration dan Fillet ? soal lain untuk piping work, total dia inch Carbon steel pipe 4000, proses GTAW dan SMAW ?
Terima kasih untuk pencerahannya.

Tanggapan 1 – DARMAYADI

Selamat Pagi Pak Jumiatul Ikhlas,

Untuk menghitung/ mengestimasi banyaknya consumables welding yang harus diorder, ada beberapa hal yang mesti bapak ketahui.

1. Berapa Tebal Pelat atau Pipa yang akan disambung ?

2. Berapa jumlah joint yang dilakukan dengan cara :

– SMAW,

– FCAW

– SAW

3. Untuk masing-masing cara, bagaimana bentuk joint designya ?

Kalau bapak sudah tau bentuk joint designya, maka bapak harus hitung berapa berat ‘Logam Las’ per meter untuk masing-masing joint.( Untuk yang ini biasanya sudah ada tablenya ).

4.Setelah diketahui jumlah berat logam las per meter untuk masing-masing cara diketahui, maka untuk menghitung berapa kawat las yang harus di order dikalikan dengan Deposition masing-masing proses. Deposition untuk masing-masing proses kira-kira seperti ini :

SAW Proses : 99%

GMAW ( 98% Ar, 2% O2 ) : 98%

GMAW ( 75% Ar, 25% CO2 ) : 96%

GMAW( 99,99% CO2 ) : 93%

Metal Cored : 93%

FCAW ( GasShielded ) : 86%

FCAW ( Self Shielded ) : 78%

SMAW ( Panjang 12′ ) : 59%

SMAW ( Panjang 14′ ) : 62%

SMAW ( Panjang 18% ) : 66%

Demikian pak jamiatul, mudah2an mengerti dan kalau makin pusing mohon maaf

Tanggapan 2 – Budhi S.

Attachment terlampir adalah tulisan dari Moderator KBK Pengelasan Milis Migas Indonesia – Bapak Darmayadi mengenai ‘Cara menghitung kebutuhan kawat las’. Semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – iwan.saputra

Terima kasih Pak Darmayadi mengenai sharing ilmu yang gratis ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anak bangsa. Tapi bagi saya ini sangat bermanfaat sekali, kalau pun boleh untuk melengkapi mengenai ilmu pengelasan, Tolong dong di sharing mengenai kekuatan pengelasan terhadap tekanan dan temperature, dan sekalian cara perhitungannya.
Terima kasih

Tanggapan 4 – Bambang Sugiharta

Dear All,

Ada yang bisa bantuin untuk menghitung kebutuhan cat ndak ya, soalnya diworkshop saya seringkali kalo gak kurang ya berlebih?