Adakah yang memiliki contoh perhitungan span? Saya merefer pada buku Introduction to Pipe Stress Analysis, Sam Kannapan. Disitu terdapat rumus untuk mendapatkan panjang span berdasarkan batasan allowable stress dan berdasarkan maximum displacement. bagaimana menentukan besarnya maksimum displacement suatu pipa?apakah ada referensinya?

Tanya – Dhany Rahadian

Dear All,

Adakah yang memiliki contoh perhitungan span?

Saya merefer pada buku Introduction to Pipe Stress Analysis, Sam Kannapan. Disitu terdapat rumus untuk mendapatkan panjang span berdasarkan batasan allowable stress dan berdasarkan maximum displacement. bagaimana menentukan besarnya maksimum displacement suatu pipa?apakah ada referensinya?

Atau adakah cara lain untuk menghitung span? Mohon bantuannya,terimakasih…

Tanggapan 1 – Iyus Suherlan

Pak Dhany,,coba di cek di MSS SP 69, disana ada tabel ‘maximum horizontal pipe support and spacing’ di dalam nya ada batasan pipe support and spacing baik untuk water service atau vapor service. apakah itu yang bapak maksud?

Kalo memang betul itu bisa dipakai sebagai batasan jarak span, maksud saya selain dari calculation yang bapak lakukan berdasarkan referenc dari Sam Kannapan, bapak juga bisa membandingkan hasil perhitungan tersebut dengan harga yang terdapat pada tabel ‘maximum horizontal pipe support and spacing’ di MSS SP 69.

Tanggapan 2 – moh.kadafi

Mas dhany,

ikut urun rembug,

kalo yg sampeyan tanya adalah besarnya maksimum displacement suatu pipa yg disebabkan oleh thermal, dan kalo yg sampeyan maksud disini adalah in-plant piping, sampeyan bisa mengacu ke ANSI B31.3 App.C Table C-1, disitu terurai lengkap thermal expansion masing2 material pipa pada temperatur tertentu.

sedang Kalo yg sampeyan maksud perhitungan free-span/allowable span utk offshore pipeline bisa mengacu ke DNV RP F105, karena kurangnya specific apa yg sampeyan mau kalkulasi span utk pipa apa ? onshore, offshore, liquid transport, gas transport, in-plant piping atau yg lain ? karena sebagian besar piping/pipeline codes standard punya acuan dan rules sendiri utk menentukan free-span criteria.

Tanggapan 3 – Dhany Rahadian

Mas Kadafi,

Terimakasih responnya mas,

Pipanya untuk gas pipeline onshore carbon steel 5L X65 24′ schd XS.Jadi kemarin saya mengacu pada buku buku Introduction to Pipe Stress Analysis, Sam Kannapan. disitu terdapat persamaan untuk menghitung panjang span, tapi saya belum nemu referensi untuk menentukan maximum deflection of pipe (karena dibutuhkan untuk perhitungan).

nah, maksud saya, apakah ada referensinya untuk maximum deflection itu?berapa nilainya?(karena di buku itu tidak ditentukan berapa nilainya untuk masing2 diameter pipa,hanya ada untuk defleksi xx mm maka spannya adalah yy m)
ataukah ada cara menghitung yang lainnya?

Tanggapan 4 – autumn_batara

Pak Dhany,

Di bukunya Victor Helguero (Piping Stress Handbook) hal 314 dia nulis begini, ‘maximum allowable pipe deflection between supports must not exceed 1 inch or 1/2 the nominal pipe diameter, whichever is the smaller. This is the basic piping practice; however, it is subject to compliance with the customer’s specification’.

Dan seterusnya…..

Demikian informasinya.

Tanggapan 5 – moh.kadafi

hehehe….

berarti yg sampeyan maksud itu deflection (bukan displacement sbgm yg sampeyan sebut sebelumnya), memang seharusnya maksimum deflection ini tercantum dalm spec owner (owner yg menentukan berapa maks deflection yg dibolehkan pada kondisi yg bagaimana) contoh Allow.free span straight pipe tanpa fitting tentu akan berbeda ketika dimuati fiitng, misal Allow.freespan straight pipe 24′ X65 sch XS tanpa fiting tentu lebih besar drpd straight pipe 24′ grade dan thickness sama, namun ada flange dan valve 24′ disekitarnya, sehingga allowable spans (free-spannya jadi lbh kecil) memang kriteria ini (maks deflection yg menentukan adalah client, let say maks 1′ atau 1/2D) dengan cara ini pipe support akan jadi banyak, namun kerjaan cepat. kalo mau lebih ekonomis, perhitungan maksimum allowable free-span dilakukan dalam 2 pendekatan:

1. based on limitation stress (L), dan

2. based on limitation deflection (L’) didalam rumus ini ada delta (maksimum deflection)

logikanya adalah bengini, berapa span maksimum yg masih dibolehkan tanpa menyebabkan overstress, hitung dulu (L) dengan setelah L ini ketemu masukkan ke persamaan (L=L’) maka akan ketemu delta (sbg maks.deflection)

Tanggapan 6 – Dhany Rahadian

wahduh,,ternyata sebelumnya saya nulis displacement toh,,,maaf2 ternyata salah nulis …harusnya deflection…hehehe…

okey pak terimakasih pencerahannya=)

Tanggapan 7 – Dhany Rahadian

Pak AB,

Terimakasih banyak infonya Pak,,segera cek TKP..

Tanggapan 8 – Aditya Prianggatama

Bisa pakai software Pipedata-PRO sebagai referensi, disitu ada fitur menghitung safe span pipa berdasarkan diameter, schedule, dan tebal insulasi…
Saya sendiri memakai Pipedata-PRO 7.2, sepertinya sudah ada versi 8-nya kalau tidak salah…

Tanggapan 9 – Dhany Rahadian

Untuk perhitungannya seperti apa pak?karena ownernya meminta detail perhitungannya..

Tanggapan 10 – Firdaus

Maaf, coba Anda baca lagi bukunya, mungkin yang Anda maksud adalah maximum deflection.

Saya pribadi belum ketemu batas maksimum deflection diatur dalam code atau literatur.

Yang ada mungkin hanya request dari client, seberapa besar maximum deflection yang dia inginkan. Jika client tidak men-specify besar max. deflection ini, saya ‘membatasi’ besar ‘tolerable’ max. deflection paling tidak beberapa kondisi berikut:

1. Loading yang terjadi pada nozzle equipment (static dan rotating) tidak melewati allowablenya

2. Jika pipa tersebut ditaruh pada pipe rack atau disusun dengan pipa lain, dipastikan ia tidak akan ‘menyenggol’ pipa di sebelahnya (karena defleksi pipa ybs).
Jadi, lebih melihat ke sistem seluruhnya daripada ‘hanya’ mencari standar atau rumus tertentu.
CMIIW.

Tanggapan 11 – Dhany Rahadian

Pak Firdaus,

Benar pak yang saya maksud memang maksimum deflection. terimakasih banyak atas pencerahannya pak =).

Tanggapan 12 – Budi Arman

Pak Dhany.

Kalau mau akurat dan line ini termasuk critical line, pakai software stress analysis CAESAR II, disitu bisa dimodeling design pipa nya, include dengan properties fluida, serta external loadnya. Sehingga bisa ditentukan maksimal Span (Jarak antar support) dari berbagai variable kondisi.

Tapi kalau line ini tidak kritikal line, pakai rule of thumb aja pak. misal 3 meter untuk pipa kecil, 6 meter pipa besar, atau pake data Pipe Pro

Untuk masalah displacement dari sense engineeringnya sih tidak ada batasannya asal pipa tersebut tidak stress. tp dari segi estetika membatasi masalah ini, atau kemungkinan menabrak pipa lain disekilingnya. perlu juga pertimbangan dari beban sipil strukturnya. karena semakin besar jarak spannya, akan menyebakan beban support makin gede juga.

sekedar jadi pertimbangan.

Tanggapan 13 – Dhany Rahadian

Oke pak Budi Arman,

Nantinya memang ada perhitungan stress analisis tersendiri, tapi belum saya mulai. (mungkin nanti saya nanya2 lagi mengenai stress analisis..hehe).