State Oil Co. Azerbaijan Republic (SOCAR) mengatakan Total SA telah memulai eksplorasi pengeboran di lahan gas alam Apsheron di wilayah Azerbaijan Caspian Sea.

Penulis : Eric Watkins

State Oil Co. Azerbaijan Republic (SOCAR) mengatakan Total SA telah memulai eksplorasi pengeboran di lahan gas alam Apsheron di wilayah Azerbaijan Caspian Sea.

Sumur diharapkan akan memakan waktu 8 bulan untuk mengebor. “Jika pengeboran sukses, hasil akhir akan diketahui dalam quarter pertama tahun 2012.” Kata pejabat Socar.

Analyst IHS Global Insight mengatakan pengeboran dari sumur eksplorasi pertama di Apsheron berdasarkan PSA baru-baru ini berhenti beberapa waktu, dengan timetable pertama untuk melancarkan pengerjaan yang tertunda pada September lalu yang disebabkan oleh terlambatnya pengiriman dari rig pengeboran dari wilayah Kazakhtan Caspian.

Total menandatangani production-sharing agreement pada tahun 2009 dengan Azerbaijan untu blok, yang dipercaya mengandung 300 bcm natural gas dan 45 juta ton kondensat. Perkiraan biaya dari pengerjaan eksplorasi pertama sebesar 200 juta dolar.

Menurut Energy Information Administration US, Azerbaijan menjadi net exporter natural gas pada tahun 2007 dengan pengerjaan dari lahan gas alam Shah Deniz. Pada tahun 2009, Azerbaijan mengekspor 209 bcf gas, dengan mengangkut gas sebagian besarnya melalui South Caucasus Pipeline.

Awal minggu ini, President Azerbaijan, Ilham Aliyev dan European Commission Pres. Jose Manuel Barroso menadatangani deklarasi bersama dalam establishment Southern Gas Corridor, bersama Azerbaijan yang melengkapi menjadi sebuah jangka panjang dan “substantial contributor” untuk project.

Sumber: www.ogj.com