Schedule pengambilan data-data predictive maintenance (PM) tergantung criticality equipment yang kita punyai. Kalau agak mundur sedikit ke belakang prosesnya, bisa dilakukan equipment criticality assessment terlebih dahulu, kemudian dilakukan dengan RCM sehingga kita bisa tahu maintenance task untuk masing2 equipment dan juga Equipment & Technology Matrix lengkap dengan interval schedule pelaksanaannya.

Tanya – Mugeni

Dear Milist,

Mohon info utk scheduling pekerjaan survey (Preventive Maintenance) utk Vibration Analysis dan Infrared Thermography..

Tanggapan 1 – JONO

Pak Mugeni,

Kalau saya, pengambilan data dilakukan tiap bulan…kalau trending data menunjukkan perubahan (kenaikan), maka interval pengambilan akan saya percepat, katakan yang tadinya sebulan sekali , menjadi sebulan 2 kali…, jika trending data terus menunjukan kenaikan…, interval pengambilan data di tingkatkan, dari trending yang ada/yang sudah terambil, kita bisa ektrapolasi, apakah si mesin masih bisa di operasikan hingga menunggu saat yang tepat untuk di lakukan perawatan atau memang harus di stop untuk dilakukan perawatan. tentunya ini menyesuaikan dengan jadual/rencana dari beberapa pihak yang berkepentingan dengan mesin tersebut.

Mudah-mudahan membantu.

Tanggapan 2 – Anas Rosyadi – Moderator KBK Pemeliharaan

Pak Mugeni,

Schedule pengambilan data-data predictive maintenance (PM) tergantung criticality equipment yang Bapak punyai. Kalau agak mundur sedikit ke belakang prosesnya, bisa dilakukan equipment criticality assessment terlebih dahulu, kemudian dilakukan dengan RCM sehingga kita bisa tahu maintenance task utk masing2 equipment dan juga Equipment & Technology Matrix lengkap dengan interval schedule pelaksanaannya.

Critial equipment, umumnya data vibrasi dilakukan sebulan sekali, sedangkan yg criticality nya lbh rendah bisa 2 atau 3 bulan sekali. Bila menunjukkan trending yang naik, pengambilan data bisa dipercepat seperti penjelasan Mas Joko.

Infrared Thermography umumnya dilakukan 3 bulan atau 6 bulan sekali, tergantung equipment criticality. Hal yg sama berlaku untuk Electric Motor Diagnostic dengan menggunakan MCSA ataupun Flux monitoring.

Bila Bapak juga implementasi oil analysis / tribology, bisa dilakukan sebulan sekali untuk crtical equipment, sedangkan interval utk yg less critical bisa 3 atau 6 bulan sekali.

Semoga membantu.