Gmail tidak menggunakan folder dalam memisahkan email yang masuk. Gmail hanya mengenal Inbox, Sent Mail, Draft, SPAM dan Trash.
Fasilitas yang diberikan ‘priority Inbox’ dan filtering dan Tagging (atau labeling). Gmail menggunakan filosofi ‘Search not Sort’ , jadi gunakan fasilitas mencari bukan mengurutkan. Ini falsafah database yg baru, bukan cataloguing.

Tanya – andi hidayat

Dear all..

Mohon bantuan bagi tmans yang pernah melakukan settingan email gmail untuk memisahkan inbox millis dengan unbox japri,

Apakah ada bisa?

terimakasi atas bantuannya..

Tanggapan 1 – EG Giwangkara S

Tidak seperti di yahoo yg memisahkan email kedalam folder dengan filter, di gmail email hanya diberi label saja dengan menggunakan filter. Jadi di gmail semuanya berada di root inbox dengan labelnya masing2 sesuai yang kita atur.

Tanggapan 2 – Rovicky Dwi Putrohari

Gmail tidak menggunakan folder dalam memisahkan email yang masuk. Gmail hanya mengenal Inbox, Sent Mail, Draft, SPAM dan Trash.
Fasilitas yang diberikan ‘priority Inbox’ dan filtering dan Tagging (atau labeling).

Gmail menggunakan filosofi ‘Search not Sort’ , jadi gunakan fasilitas mencari bukan mengurutkan. Ini falsafah database yg baru, bukan cataloguing.

Trik yang saya pakai, menggunakan filter dan memasukkan semua mailist kedalam TRASH atau SPAM. Idenya email-email mailist bukan personal dan sudah tersimpan di server maya (internet). Jadi ‘no point’ utk menyimpan email mailist dalam email pribadi. Karena kalau memerlukan saya akan mencarinya di server mailist ybs. Yahoogroups atau Googlegroups dll. Keuntungan lainnya Trash dan Spam akan di hapus otomatis tanpa menganggu kuota email.

Tanggapan 3 – Riksha. L [Mr.]

di POP3 kan aja pak dari gmail-nya, pake software email client dari 3rd party.
Bisa pakai O.Express, Microsoft Outlook, atau Mozilla Thunderbird.

Tinggal bikin filter & folder di email clientnya…

Baca pun bisa offline klo udah di ‘sedot’ dari server, plus bonus fitur Return Receipt yang gak ada di gmail aslinya.

Yang pakai Thunderbird untuk Gmail-nya.

Tanggapan 4 – Mubarok

Mas Andi,

Jika anda menggunakan client Microsoft Outlook ada satu lagi cara yang bisa dipakai untuk memisahkan email yang datang secara otomatis dengan menggunakan fitur rules. Bisa ditemukan di bagian tools terus ke rules and alerts. Kita buat rules yang baru untuk masing-masing mailing list yang kita ikuti.

Contoh kita setting satu rules, jika ada email datang dari Migas_Indonesia@yahoogroups.com langsung disimpan ke folder Migas Indonesia. Jadi email itu nggak masuk ke Inbox. Ini sangat ampuh untuk kita yang mungkin join lebih dari satu milist.

Tanggapan 5 – Mico Siahaan

Prinsipnya sama, Pak. Di Yahoo Mail ada fitur Folder dan Filter. Misalnya buat folder Migas Indonesia, kemudian buat filter agar email dari milis Migas Indonesia otomatis masuk ke folder tersebut.

Tanggapan 6 – Chaerul Syachri

Pak Mubarok,

Apa itu berlaku dengan email yahoo ?

Tanggapan 7 – joko_sosiawan_trikukuh

Kalau pakai yahoo, bisa pakai filter juga, tapi setting filter ini harus di classic mode yahoo, kalau tampilan anyar, option untuk filter ga ada.

Tanggapan 8 – ma2ithink .

bisa di option….more option…silakan di filter sesuka hati.

Tanggapan 9 – sangga rrs

Menggunakan yahoo modern pun bisa. Cara gampangnya seperti ini:

– Buat dulu sebuah folder baru dengan mengklik ‘add’ disamping Folders (bagian kiri layar)

– Setelah itu kembali ke inbox, centang 1 email dari sebuah milis

– Kemudian klik ‘actions’ -> ‘filter emails like this’

– Pada bagian namenya berilah nama filter tersebut, contohnya MIGAS Indonesia

– Kosongkan bagian ‘from’ (hapus isian otomatis yang sudah ada, karena kita akan melakukan filterisasi berdasarkan subject bukan pengirimnya)

– Pada bagian subject ketikkan ‘[Oil&Gas]’ tanpa tanda petik

– Pada kotak then move message to: dipilih folder yang telah kita buat sebelumnya.

Begitu juga proses untuk filterisasi email dari milis-milis yang lain, lihat saja kata yang pasti muncul di setiap subject-nya.
Semoga bermanfaat

Tanggapan 10 – Tri harso

Pak Chaerul,

kita bisa membuat filter untuk email yahoo, kebetulan saya sudah pernah menuliskan langkahnya di blog sederhana saya. Jadi walaupun kita mengikuti 10 milis, namun inbox kita tidak akan penuh.

berikut ini linknnya :

Memanfaatkan Filter untuk Bermilis Ria di Yahoomail

semoga membantu.

Tanggapan 11 – Mico Siahaan

Pak,

Setahu saya filtering tidak menambah kapasitas Inbox. Misalnya kapasitas Yahoo Mail yang diberikan 2GB, maka total ukuran email yg bisa disimpan adalah total ukuran email Inbox+folder-folder lain.

Tanggapan 12 – Novri

Email client paling bagus menurut saya adalah Mozilla Thunderbird. Tinggal donlot dan gratis, tidak perlu khawatir soal lisensi.

Disini, setiap account, apakah yahoo, gmail dll langsung bisa di-view terpisah2 inboxnya. Masih juga bisa ditambah pakai rule. Dan yang paling menyenangkan, setting emailnya cukup nama account dan password, nanti si thunderbirds secara otomatis akan mencarikan settingan yang tepat. Kalau email kantor mau dimasukkan juga, besar kemungkinan perlu bantuan IT nya sih.

Lalu juga sudah ada fitur tab, jadi email kita tampilannya bisa seperti google chrome atau firefox.