Sag atau lebih lengkapnya adalah ‘bracket sag’, adalah defleksi (lendutan) pada lengan atau braket yang digunakan untuk memegang dial indicator akibat berat (massa dan gravitasi) dari dial. Jadi kalau idealnya lengan itu lurus dan sejajar dengan poros maka akibat defleksi menjadi melendut. Besar bracket sag (lendutan) tergantung oleh kekakuan dan panjang braket pemegang dial. Sag akan mempengaruhi pembacaan pada dial, sebagai contoh sederhana : dial yang terpasang pada braket kita posisikan untuk membaca permukaan horizontal dan kemudian kita set nol. Apabila posisi dial dan permukaan tadi kita putar 180 derajat maka pembacaannya tentu tidak akan nol lagi. Seberapa besar penyimpangannya tergantung dari panjangnya braket dan kekakuannya.
Jadi setiap pembacaan dial harus dikoreksi akibat adanya braket sag. Setelah dilakukan koreksi, itulah harga pembacaan ‘dial yang sebenarnya’. Kompensasi dilakukan dengan menambahkan atau mengurangkan harga braket sag terhadap pembacaan dial tergantung dari posisi awal dial diletakan, di jam 12 atau di jam 6.

Rangkuman Diskusi KBK Mekanikal

Editor : Wildefri Neidi; Swastioko Budhi Suryanto; Moderator KBK Mekanikal

Tanya – A. Rofiudin – Sulfindo Adiusaha

Mohon bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan. Dalam alignment (metoda reverse dial indicator atau rim and face), saya selalu memperhitungkan ‘sag’ yang terjadi, atau ada yang menyebut ‘bend’ (pernah saya dengar, karena katanya tidak hanya akibat gravitasi tapi juga bending dari perpanjangan lengan tempat bertumpu dial indicator). Masalahnya ada instruksi alignment untuk pompa yang tidak menyebut ‘sag’ harus diperhitungkan, padahal untuk diameter coupling besar atau yang spacernya panjang, kadang harga ‘sag’ besar juga. Bagusnya diperhitungkan apa tidak ya ?, atau ada patokan yang bisa saya jadikan pegangan ?. Mohon bantuannya.

Tanggapan 1 – Ilham Budi Santoso – Wood Group Indonesia

Sag atau lebih lengkapnya adalah ‘bracket sag’, adalah defleksi (lendutan) pada lengan atau braket yang digunakan untuk memegang dial indicator akibat berat (massa dan gravitasi) dari dial. Jadi kalau idealnya lengan itu lurus dan sejajar dengan poros maka akibat defleksi menjadi melendut. Besar bracket sag (lendutan) tergantung oleh kekakuan dan panjang braket pemegang dial.

Sag akan mempengaruhi pembacaan pada dial, sebagai contoh sederhana : dial yang terpasang pada braket kita posisikan untuk membaca permukaan horizontal dan kemudian kita set nol. Apabila posisi dial dan permukaan tadi kita putar 180 derajat maka pembacaannya tentu tidak akan nol lagi. Seberapa besar penyimpangannya tergantung dari panjangnya braket dan kekakuannya.

Jadi setiap pembacaan dial harus dikoreksi akibat adanya braket sag. Setelah dilakukan koreksi, itulah harga pembacaan ‘dial yang sebenarnya’. Kompensasi dilakukan dengan menambahkan atau mengurangkan harga braket sag terhadap pembacaan dial tergantung dari posisi awal dial diletakan, di jam 12 atau di jam 6.

Karena prosedur koreksi ini adalah prosedur standar dan sebenarnya braket sag ini adalah diluar masalah perhitungan misalignment, maka hal ini yang mungkin menjadi penyebab mengapa pada instruksi itu braket sag tidak disebutkan. Sudah dianggap tahu, karena itu sudah standar.

Atau mungkin posisi pembacaan dial tidak terpengaruh oleh gravitasi. Misalnya mesin pada posisi horizontal, namun metode alignment-nya hanya melakukan face-to-face distance, tidak mengukur rim, jadi ya tidak ada pengaruh bracket sag. Atau mungkin posisi mesin dalam arah vertikal, dan dilakukan alignment pada posisi vertikal juga, jadi otomatis bracket sag tidak mempengaruhi pembacaan dial.

Selengkapnya :