Yang perlu kita perhatikan untuk pipa di dalam culvert adalah : 1. Pipe sleeper atau support tentu diperlukan; 2. Drain connection dan aksesnya; 3. Dimesional lebar culvert tentu harus di-disain sedemikian rupa untuk memudahkan akses perawatan pipa; 4. Ladder dari permukaan minimal disalah satu ujungnya dimana drain valve berada; 5. Stompen (maaf apabila spelling atau istilahnya tidak tepat). Ini berhubungan dengan metoda maintance dari masing2 operator. Stompen adalah branch out kira2 4′ atau 6′ yg digunakan sebagai akses utility hose untuk perawatan.

Tanya – patra putra

Saya kebetulan mendapat Pertanyaan, dari Owner (PLN).mereka meminta Standart pengerjaan Pipa dalam Box Culvert, sedangkan menurut Saya Pipa dalam Box Culvert sama perlakuannya dengan Pipa AboveGround, karena tidak diisi tanah atau pasir, hanya bersentuhan dengan udara terbuka dan sesekali terkena air ketika hujan.

pertanyaan saya Apakah ada standart ASTM, untuk Perlakuan Pipa di dalam Box culvert?
atau perlakuannya sama denga PIpa Underground.

mohon bantuannya rekan rekan sekalian, karena saya agak kesulitan menjawab permintaan dari Owner ini.

terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Okto

Halo Pak Patra,

Sepertinya ASTM tidak mengatur masalah pipa dalam culvert, pls CMIIW.
dan design / engineering-nya tidak mengikuti underground code/system standard.
Code aboveground piping (i.e. ASME B31.3, B31.1) sendiri ‘menyadari’ bahwa pemipaan aboveground tidak menutup kemungkinan underground ( misalnya road crossing tanpa culvert).
Kecuali kalau kasus yg anda punya adalah line pipe yg mengikuti code underground (i.e. B31.8, B31.4)

Yg pernah saya perhatikan sewaktu pengerjaan proyek di salah satu kilang pertamina, yang perlu kita perhatikan untuk pipa di dalam culvert adalah :

1. Pipe sleeper atau support tentu diperlukan.

2. Drain connection dan aksesnya

3. Dimesional lebar culvert tentu harus di-disain sedemikian rupa untuk memudahkan akses perawatan pipa

4. Ladder dari permukaan minimal disalah satu ujungnya dimana drain valve berada.

5. Stompen (maaf apabila spelling atau istilahnya tidak tepat). Ini berhubungan dengan metoda maintance dari masing2 operator. Stompen adalah branch out kira2 4′ atau 6′ yg digunakan sebagai akses utility hose untuk perawatan.

mudah2an bisa sedikit membantu.
silahkan yg pakar piping lain jika ingin menambahkan atau koreksi.

Tanggapan 2 – Antoni Ginting

Nambahin dikit aja pak, kalau areanya yg curah hujan cukup tinggi sebaiknya di sediakan sumpum sehingga culvert tidak kebanjiran.