Untuk Well Modelling simulator, umumnya yang banyak dipakai di Industri adalah : Prosper (Petroleum Expert) dan Pipesim (Schlumberger). Keunggulan Prosper bisa dihubungkan dengan Macro programming di Excel dengan menggunakan feature open server, selain itu juga bisa diintegrasikan dengan GAPS (yg merupakan surface facility simulator) dan MBAl/REVEAL (yg merupakan simulator untuk reservoir).

Tanya – M Denny Fardhan

Teman-teman dan para senior,

Beberapa waktu yang lalu saya mempelajari Well simulator dengan BOAST.
Software ini menarik dan open source (juga gratis waktu itu… karena masih student), cuma menggunakan bahasa yang agak jadul yaitu Fortran.

Mungkin ada teman-teman yang bisa sharing tentang sotware simulator semacam ini, kelemahan dan kelebihannya?

Apakah ada software yang semacam yang lebih user friendly?

Mungkin ada teman-teman yang ahli dalam bidang ‘beginian’ mohon sharring dooong, karena perkembangan well simulator kayaknya jarang dibahas dalam forum ini, padahal hal ini nampaknya sangat penting dalam operasional, Atau mungkin karena hal yang beginian lebih banyak dikerjakan oleh konsultan asing?

Terima kasih… Mohon masukan.

Tanggapan – Zein Wijaya

Untuk Well Modelling simulator, umumnya yg banyak dipakai di Industri adalah : Prosper (Petroleum Expert) dan Pipesim (Schlumberger).
Keunggulan Prosper bisa dihubungkan dengan Macro programming di Excel dengan menggunakan feature open server, selain itu juga bisa diintegrasikan dengan GAPS (yg merupakan surface facility simulator) dan MBAl/REVEAL (yg merupakan simulator untuk reservoir)..

Silahkan contact Japri kalo ada pertanyaan spesifik ttg software tsb..Saya bukan vendor software tsb, saya hanya bisa share pengalaman menggunakan software tsb.