Jika applikasi rubber lining benar dan qualitas pengerjaan yg baik, maka pipa dengan rubber lining akan tahan lama, dengan catatan kedalam pipa tersebut tidak dialiri abrasive material seperti pasir dsb.

Tanya – hadi muttaqien

Dear Rekan2 milis,

Mohon sharing pengalaman, ilmu-nya perihal; Kekutan/kelebihan/kekurangan untuk corrosion protection antara ‘Rubber Lining’ VS ‘Coating+Sacrifice Anode’ pada pipa Carbon Steel yang di aliri air laut (sea water).
Karena informasi yang saya dapatkan adalah bahwa rubber lining akan cepat tipis dan bila sobek akan melebar, sedangkan coating+sacrifice anode umurnya pendek hanya 6 s/d 12 bulan.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Tanggapan 1 – El Mundo

Pak Hadi,

Jika applikasi rubber lining benar dan qualitas pengerjaan yg baik, maka pipa dgn rubber lining akan tahan lama, dgn catatan kedalam pipa tsb tdk dialiri abrasive material seperti pasir dsb.

Jika ada rekan2 milis jang bekerja di Premier Oil – FPSO Anoa Natuna, mohon feed back kondisi sea water piping system, sea chest dan ballast line apa masih baik?. Seingat saya pipa2 tsb dilapisi rubber. Fire water linenya paipa galvanise justru sudah keropos. Anoa Natuna di bangun thn 1989.

Tanggapan 2 – Isya Muhajirin

Pak Hadi,

Yang diinginkan adalah perbandingan antara penggunaan rubber lining vs coating pada seawater intake ya?

Kalau boleh tahu berapa liquid velocity-nya?

Tanggapan 3 – hadi muttaqien

Pak Isya,

Velocity-nya sekitar 6,5 m3/s, dari segi harga sih pilihan coating+sacrifice anode, tapi yang the best dari segi technical-nya atau lainnya masih dalam pertimbangan sih.

Tanggapan 4 – teguhm_purnawan

Pak Hadi,

size pipanya nya berapa pak?

di plant kami, banyak line sea water menggunakan carbon steel yang di coating dan tambah sacrificial anode. Main line CS size 72′ sudah operasi 30 tahun aman2 saja.
Anode dan coating diperiksa setiap 4 tahun sekali, dan anode jarang yang habis jadi belum tentu juga diganti. Untuk umur anode, sepertinya tidak bisa dipastikan 6 s/d 12 bulan, tapi bergantung luasan, kualitas coating dan jumlah yang dipasang.
Untuk pipa sea water yang lebih kecil (20′ kebawah) penggunaan FRP dan HDPE bisa dipertimbangkan.

Tanggapan 5 – hadi muttaqien

Pak Teguh,

Terimakasih sharingnya, Diameter pipa CS = 1,8 meter, data2 lainnya pernah saya sampaikan di milis ini.
Saya tertarik untuk mengetahui produsen dan brand-nya untuk coating yang dipasang di tempat anda, bolehlah via japri saja untuk komunikasi.

Tanggapan 6 – teguhm_purnawan

Pak Hadi,

suntuk info, generic name coating yang kami gunakan: flake reinforced polyester epoxy coating.
contohnya carboline Carboglass 1678 dan ceilcote Flakeline 2000, ad ajuga produk lain yang ekivalen.
Sebaiknya bila waktunya cukup dilakukan pengujian saja dulu untuk setiap brand, dengan kondisi service yang kurang lebih sama dan yang digunakan yang paling memuaskan.

Tanggapan 7 – Muhuila Habib

Pagi pak Hadi,

Sebagai usulan, apakah bapak sudah mempertimbangkan untuk memakai pipa HDPE? Saya sudah memasang 2 plant sea water intake pipe untuk SWRO plant di Dumai & Tanjung Balai Karimun. Kira – kira sudah 4 tahun dan so far so good.

Tanggapan 8 – Muhuila Habib

Dear pak. Hadi,

Saran saya lebih baik pipa itu di inject Cl2 atau NaOCL supaya biota – biota laut yang mengalir ke pipa akan mati dan tidak akan nempel dan berkembang biak didalam pipa sehingga umur dari pipa akan lebih lama. Sudah ada vendor rubber lining nya belum? Saya punya kolega, japri saja utuk konsultasi.

Tanggapan 9 – hadi muttaqien

Pak Habib,

Kelihatannya anda cenderung memakai Rubber Lining dengan inject CL2 atau NaCL sebagai pilihan, tetapi dengan debit aliran sekitar 6.50 m3/s apakah tidak terjadi abrasive/pengikisan pada rubber lining tersebut oleh benda2 asing seperti pasir misalnya?

Tanggapan 10 – Muhuila Habib

Pak Hadi,

Betul pak, dari beberapa intake pipe yang sudah saya pasang tidak perlu di rubber lining tapi meng inject Cl2 atau NaOCL. Sea water intake sendiri keperluannya untuk apa pak Hadi? Apakah akan ditampung dan diproses lagi?

Tanggapan 11 – hadi muttaqien

Pak Habib,

Sea water tersebut sebagian untuk keperluan ke condensor, sebagian di proses untuk di simpan di tanki untuk keperluan proses ke boiler.
Demikian pak Habib.