Gasifikasi ke fuel gas secara umum: 1. fuel specification, harus menggunakan gas scrubber, wobbe index, tempertaure gas, harus 28 deg diatas dew point gas, dan gas composition; 2. penggantian fuel nozzle single fuel, karena wobbe index akan mempengaruhi heat yang dihasilkan pembakaran gas pada combustion can. kembalikan ke manufacturer. karena ini memerlukan enginering; 3. selanjutnya interval maintenance jadi lebih lama; 4. control harus di modifikasi juga.

Tanya – asliBeno

Dear All,

Mohon pencerahan item apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan gasifikasi suatu gas turbin (frame 5) dari yang awalnya menggunakan bahan bakar HSD.

Sistem yang ada sekarang baik secara hardware dan software control masih menggunakan single fuel HSD.

Item apa sajakah yang harus diganti,modifikasi,dirubah untuk sistem gasifikasi..yang nanti rencananya menjadi dual fuel (gas dan HSD).

Terima kasih

Tanggapan 1 – Sigit kumoro bekti

menurut pengalaman saya, kalau gasifikasi ke fuel gas secara umum:

1. fuel specification, mesti menggunakan gas scrubber, wobbe index, tempertaure gas, mesti 28 deg diatas dew point gas. dan gas composition

2. penggantian fuel nozzle single fuel, karena wobbe index akan mempengaruhi heat yang dihasilkan pembakaran gas pada combustion can. kembalikan ke manufacturer. karena ini memerlukan enginering

3. selanjutnya interval maintenance jadi lebih lama deh..

4. control mesti di modifikasi juga dong.. dah pake mark V?

utk dual fuel,

1. air atomozing tetap dipakai beserta perangkat yang beroperasi dengan fuel oil

2. gas specifikasi sama dgn diatas

3. mengganti dual fuel nozzle berserta purge line, modifikasi untuk yg fuel gas line sesuai dgn wobbe index juga, sama dengan diatas

4. control mesti dimodifikasi juga

semoga membantu.

Tanggapan 2 – asliBeno

Terima kasih Pak Sigit,

Untuk keperluan gas station tentunya itu sudah pasti (scrubber, condesate tank, pipe line, etc)

mungkin bisa diperjelas untuk di gas turbinnya sendiri, apa saja yang dilakukan..mengingat Pak Sigit sebagai ahli rotating machine handal dari negeri seberang…

untuk kontrol masih menggunakan mark II, memang rencananya kita akan mengganti kontrol tersebut namun seperti yang berkaitan dengan gasifikasi tersebut saja mengingat biaya..

Tanggapan 3 – Victor Johnson

Pak Beno,

Sejauh yang saya tahu, untuk penambahan fuel gas di GT, yang pasti ada penambahan paket equipment di sisi fuel gas systemnya, yang berfungsi mengatur suplai fuel gas ke gas turbine tsb.

Umumnya berisi 2 valve utama tipe elektro-hidrolis tersusun serial. Disisi upstream dinamakan SRV (Stop/Speed Ratio Valve) dan disisi downstream GCV (Gas Control Valve). Untuk SRV dikombinasikan pula dengan hidrolis solenoid valve yang digerakkan oleh trip oil.

Piranti2 ini biasanya ter-asembli dalam satu paket. Kalo pak Beno mau ‘merakit’ sendiri, wah.. gak tau tuh available gak…

untuk mendukung kerja paket tersebut, dari eksisting tentu membutuhkan tapping poin buat hydraulic control oil-nya dan trip oil.

Di sisi software, pasti ada panambahan dan perubahan, terutama sequence untuk start up GT dg Fuel Gas dan sequence untuk peralihan fuelnya. Dan interface control untuk fuel systemnya, yang sebelumnya ke LCV (liquid Control Valve) sekarang ditambah ke SRV dan GCV.

Mudah-mudahan membantu,

Tanggapan 4 – Sigit kumoro bekti

Ah ga juga Mas,

kalau GT, jika menggunakan dual fuel, harus menggunakan dual fuel nozzle, jadi harus diganti 10 fuel nozzle dengan dual fuel, dimana pada nozzle ini ada 4 line, yaitu fuel gas, purge line, fuel oil line, air atomizing line (maaf lupa ditambahkan). kalau untuk fuel gas tip nozzle, harus ada design dr manufacture mengingat pada gas adanya WOBBE INDEX dimana nilai WI ini akan mempengaruhi seberapa besar area tip nozzle, jadi sebaiknya serahkan ke manufacture (GE) untuk mendapatkan efisiensi pembakaran yang bagus dengan melengkapi gas spek juga Mas. untuk fuel oil nozzle sistem sama saja dengan original, kalau untuk control saya ga tahu persis, karena saya mechanical, yang jelas harus ada modifikasi, wah kalo pake MARK II, (sudah obsolete Mas), tapi hebat juga masih dipakai…. hehehehhehe.

semoga membantu.

Tanggapan 5 – Sigit kumoro bekti

Pak Beno/Pak Victor,

Betul Pak Victor terima kasih untuk menambahkan dan mengingatkan, saya lupa menambahkan bahwa untuk fuel gas ditambahkan juga SRV GCV, dimana ini adalah Aux GT atau fuel gas skid terdiri dari SRV, GCV, vent valve. penggerak valve ini menggunakan tekanan dari main hydraulic, dimana menggunakan 2 servo vlv. SRV memiliki valve hydraulic (downstream servo valve SRV) yg digerakan control oil dan solenoid sebagai trip valve jika shutdown.

semoga semakin jelas.