Dari segi fisik sulit untuk membedakan thermocouple yang berbeda jenis karena biasanya termocouple dibedakan oleh kode warna bila menggunakan multitester hanya untuk mengetahui tahanan dari jenis material yang di gunakan di thermocouple.

Tanya – Teddy Tommo

rekan2 milis, saya mau tanya :

1. bagaimana cara membedakan termocouple tipe2 tertentu, misal tipe K dan U (bila dilihat secara fisik dan pakai multitester), apa bisa di lihat dari nilai tahanan nya?

2. apakah ada diantara rekan2 milis yang punya link katalog instrumentasi merek autonics,omron,schneider? karena katalog di tempat kerja saya sudah ketinggalan jaman.

terima kasih atas jawaban dari rekan2 milis.

Tanggapan 1 – homijujung sihombing

Pak Tommo,

Cara paling mudah untuk mengetahui tipe TC adalah dari warna kabel yang dipergunakan.:

http://www.omega.com/techref/thermcolorcodes.html

Atau, jika bapak punya termometer pembanding, bisa juga mengetahui tipe TC dengan mengukur tegangan EMF nya (VDC), dan di-compare dengan TC table nya…

http://www.temperatures.com/tctables.html

Kalau untuk katalog itu sendiri, bisa browsing di website product yang bersangkutan…

Kalau bapak tertarik untuk replace instrument, baik field dan juga controller, bapak bisa berdiskusi dengan saya. tapi PM aja pak, biar gag keramean di sini…

Tanggapan 2 – Novriandy Darmawan

Mas Teddy,

Kalau saya membedakan type thermocouple dengan warna kabelnya saja. Contoh warna merah-kuning = type K, Warna putih-merah = Type J. Kalau utk lengkapnya banyak koq di google. Mungkin ada yg bisa menambahkan..

Tanggapan 3 – RiburJTampubolon

Dear Pak Teddy,

Saya cuba share yang saya tau…CMIIW

1. kalau dari segi fisik sulit untuk membedakan thermocouple yang berbeda jenis karena biasanya termocouple dibedakan oleh kode warna bila menggunakan multitester hanya untuk mengetahui tahanan dari jenis material yang di gunakan di thermocouple.

2. penting diperhatikan penggunaan thermocouple, seperti pabrik t4 saya bekerja digunakan untuk vacuum heat treatment. Juga penting diperhatikan, pemakaian thermocouple apakah untuk kalibrasi, monitoring, TUS (temperature uniformity survey), etc

3. untuk lebih jelas bisa lihat di ASTM E 220 dan 230.6764.1

4. untuk instrumentnya saya gada katalognya pak…karna sudah ada pada vacuum furnacenya sendiri. Bisa cuba googling ajah….