Kunci dari SX ini adalah subsea BOP yg diletakkan di surface (di atas permukaan laut). Keuntungannya, R/U & R/Dnya lebih cepat. Lebih mudah pindah ke sumur berikutnya. SX drilling campaign (drilling, log & abandon) yg mulai digelar Unocal di tahun 1996 di lepas pantai Kaltim ternyata banyak memecahkan rekor dunia (pada waktu itu). Salah satunya, membor sumur tercepat menggunakan semisub (Sedco 602). Sumur ketiga (Attaka #36, 5,630ft) diselesaikan hanya dalam waktu 3,31 hari saja. Cost bisa ditekan sampai 30% !

Tanya – Allo, Paulus T

Ada yg bisa share tentang Saturation Exploration (SX) technology dari Unocal yg kabarnya bisa banyak menekan drilling cost?

Tanggapan 1 – Doddy Samperuru

Pak Paulus,

Sepertinya kunci dari SX ini adalah subsea BOP yg diletakkan di surface (di atas permukaan laut). Keuntungannya, R/U & R/Dnya lebih cepat. Lebih mudah pindah ke sumur berikutnya. SX drilling campaign (drilling, log & abandon) yg mulai digelar Unocal di tahun 1996 di lepas pantai Kaltim ternyata banyak memecahkan rekor dunia (pada waktu itu). Salah satunya, membor sumur tercepat menggunakan semisub (Sedco 602). Sumur ketiga (Attaka #36, 5,630ft) diselesaikan hanya dalam waktu 3,31 hari saja. Cost bisa ditekan sampai 30% !

Tanggapan 2 – Rovicky Dwi Putrohari

Dari sisi explorationist (aku :), SX merupakan perubahan paradigma. Pergeseran paradigma ini adalah dari paradigma lama bahwa mengebor sumur adalah untuk membuktikan asumsi ada tidaknya minyak dalam sebuah jebakan, menjadi paradigma baru bahwa mengebor sumur merupakan bagian dari ‘mencari data’ (data acquisition).

Salah seorang teman Drilling Engineer Unocal (Pak Arifun) yg saat ini sudah menjadi DE internasional staffnya Unocal di Houston, pernah crita ke saya bahwa perubahan paradigma ini dapat dilakukan karena Unocal memiliki record dunia yang terbaik di bidang drilling technology. Salah satunya subsea BOP, drill smaller size, bit selection, casing program, logistic, mud planning, pressure prediction dll. Semua itu akhirnya bermuara dalam drilling speed dan ujungnya cost yg murah karena dalam satuan waktu (perday) sewa rig merupakan biaya yang termahal dalam operasi oil anda gas industri. Yang tidak kalah penting adalah testing yg menggunakan wireline, bukan dengan DST. karena DST memerlkan waktu serta biaya casing yg mahal. Padahal sumur eksplorasi di offhore itu seringkali ditinggalkan (abandoned), berbeda dengan didarat bahwa sumur eksplorasipun akan dipakai utk sumur produksi nantinya.

Dengan mengebor secara cepat dan murah, maka dalam jumlah lubang sumur yg dibor akan jauh lebih banyak dan memungkinkan Unocal dapat memecahkan records2 dunia itu. Sederhana saja, berapa jumlah sumur eksplorasi yg di bor Unocal di Mahakam ? … bandingkan dengan pemain lainnya misalnya Total, Mobil Oil dll yg pernah ber’main’ di daerah offshore yang sama ini. Mungkin kalau dihitung Unocal telah melakukan pengeboran/drilling sampai ratusan sumur eksplorasi di sini.

Bagaimana dengan eksploration dept?

Perlu diakui bahwa SX merupakan sebuah strategy ‘drilling driven’ ini akan dominan di Unocal. Org-org eksplorasi (G&G)nya tentunya akan keteteran kalau tidak bisa mengikuti irama driller Unocal.

Sampai selesei sumur itu di bor (rig-released) seringkali belum diketahui apakah sumurini discovery atau enggak, karena evaluasinya belum selesei dilakukan. Berbeda dengan kumpeni lain yang masih dengan paradigm konvensional dimana langsung bisa sorak2 atau lunglai ketika selesei ngebor (rig released).

Mungkin saja success rationya tidak sebagus kalau studinya dimatangkan dulu, wong prospects yang belum ‘matang’ saja berani di bor. Dan belum beraninya ini disebabkan karena biasanya para G&Gnya ‘keenakan’ melakukan studi, studi dan studi terus sampai membuat descision dan memutuskan untuk mengebor di lokasi tertentu (atau malah ngga jadi ngebor :).

Namun kalau kita hitung cost benefitnya, sangat mungkin saja SX ini jauh lebih ‘menguntungkan’. Misalnya dihitung ‘cost of discovery’ untuk perbarrelnya (mungkin temen di Unocal bisa crita soal ini).

Bagiku (yg hanya mengamati Unocal dr jauh ini), SX merupakan terobosan baru dan perubahan paradigma bahwa drilling itu tidak hanya untuk membuktikan ‘ada tidaknya’ minyak dalam sebuah jebakan, namun melakukan pengeboran adalah juga untuk ‘mencari data’. Ini yang disadari para driller Unocal namun juga membantu G&G dalam usaha Exploration and Production.

Btw, aku masih sangsi apakah strategi ini masih berlaku utk operasi di darat ? Seandainya anda punya Rig sendiri sehingga biaya drillingnya murah seperti Exspan (Medco), maka strategy SX bisa saja dipakai untuk mendongkrak produksi.

Sedikit kritik buat Unocal adalah soal ‘keberaniannya’ yang sangat mungkin mengakibatkan mereka sendiri jadi teledor sehingga beberapa kali mengalami accident. Termasuk kemaren ketika platform terbakar juga kantor yang terbakar beberapa tahun yang lalu. Mungkin saja ni ngga ada hubungannya tetapi karena ‘mental’ berani ini juga mempunyai sisi negatif yg harus dibayar.

Dibenakku SX bukan sekedar drilling technology tetapi lebih banyak ke corporate strategy. ‘Ngebor’ itu bukan sebuah proses taruhan, ‘ngebor’ itu sebuah usaha pencarian :).

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: