Ada beberapa hal tentang orifice yang belum jelas, dan mungkin ada yang bisa memberi penjelasan, sebagai berikut : 1. Sebenarnya apa fungsi air hole atau drain hole pada orifice plate, apakah ada kaitannya dalam pemilihan jenis orifice (concentric, eccentric, segmental dll) untuk pengukuran fluida berjenis liquid atau gas?

Tanya – Wikan Nugrahajaya

Yth. bapak-bapak sekalian

Saya ada beberapa hal tentang orifice yang belum jelas, dan mungkin ada yang bisa memberi penjelasan, sebagai berikut :

1. Sebenarnya apa fungsi air hole atau drain hole pada orifice plate, apakah ada kaitannya dalam pemilihan jenis orifice (concentric, eccentric, segmental dll) untuk pengukuran fluida berjenis liquid atau gas?

2. Kalo tidak salah restriction orifice digunakan untuk mereduce pressure atau sebagai kompensasi untuk mengatasi pressure drop pada pengukuran flow atau control valve, lalu apakah ada perbedaan dengan profiler dan rectifier vane pada kegunaan atau pemasangan, setahu saya profiler rectifier vane punya fungsi yang sama selain untuk meminimalisir turbulensi pada fluida?
Saya harap bapak-bapak sekalian tidak keberatan untuk memberikan pengetahuannya.

Tanggapan 1 – Nugroho Wibisono

Pak Wikan yth,

Saya akan coba jawab, kalau penjelasan saya salah tolong rekan2 lain untuk mengoreksi.

1. Lubang atau hole pada Orifice berfungsi sebagai saluran pembuangan fluida yang berbeda fasa dengan fluida yg hendak diukur dan terperangkap didalam tube supaya tidak lama-lama bersemayam didalamnya sehingga berpotensi menyebabkan ketidakakurasian pengukuran.

Meskipun dua-duanya punya nama yang mengandung ‘hole’, tetapi fungsinya berbeda. Kalau vent hole diterapkan pada Orifice yang diperuntukkan untuk mengukur fluida yang fasanya cair (liquid) sehingga gas yang terjebak didalam tube bisa dibuang. Sedangkan drain hole diterapkan pada Orifice yang diperuntukkan untuk mengukur fluida yang fasanya gas, sehingga cairan yang terjebak didalam tube bias dibuang. Melihat fungsinya seperti itu, mestinya vent hole berada diatas bore dari orifice, sedangkan drain hole berada dibawah bore dari orifice.

2. Profiler/Rectifier Vane/Straightening Vane/Flow conditioner tidak digunakan untuk mengurangi turbulensi fluida, tetapi digunakan untuk menghilangkan ‘swirl’ yang terjadi pada fluida. ‘Swirl’ ini nantinya mempunyai efek ‘merusak’ profil kecepatan (velocity profile) yang mana profil kecepatan ini merupakan karakteristik yang sangat penting dalam hal pengukuran fluida.

Selain penggunaan flow conditioner, kita juga bisa menggunakan metering run yang cukup panjang (panjangnya sudah ditentukan distandar) supaya swirl ini akan meluruh (decaying) ketika melewati metering run tsb, cuma biasanya kurang applicable untuk di offshore platform yang areanya kecil/terbatas.

Sedikit masukan dari saya untuk pak Wikan, RO (restriction orifice) tidak digunakan untuk pengukuran fluida, aplikasinya terbatas untuk membatasi laju aliran (flow limitation) atau untuk mereduksi tekanan suatu fluida mengalir (yang mana hal ini adalah konsekuensi logis apabila terdapat pembatasan aliran/flow limitation).

Kalau ingin lebih jelas lagi ketimbang penjelasan orang awam seperti saya, silahkan lihat-lihat lagi dibukunya RW Miller yg berjudul ‘Flow Measurement Engineering Handbook’ di Bab 5 (Influence Quantities).

Mudah-mudahan tidak salah dan bisa membantu.
Terima kasih.

Tanggapan 2 – Wikan Nugrahajaya

Dear Pak Nugroho,

Terima kasih atas penjelasannya, saya mau tanya lagi, apa bapak punya file atau info website tentang AGA 3, 7, 8 yang bisa saya dapatkan?