BBM sangat jarang menjadi penyebab kerusakan fuel pump, kalaupun BBM sangat kotor sekali mungkin akan menyebabkan sumbatan atau merusak membrannya. tapi sangat jarang sekali sampai merusak sistem kelistrikan fuel pump. Jadi kalau di aliri listrik FP tetap bekerja tapi tidak dapat mengalirkan fuel.

Tanya – Inok-adris1997

Dear All,

Mohon pencerahannya, beberapa hari yang lalu mobil pinjaman yg saya pakai mati – tidak bisa di starter; setelah dibawa ke bengkel, ternyata pompa bahan bakar (fuel pump) mati, tidak berfungsi ketika diberi tegangan 12 VDC.

Mekanik tersebut menyatakan bahwa premium di Jakarta tidak baik untuk mobil karena jenis mesinnya berbeda, dibuku manual mobil ditulis spec bahan bakar yg tidak saya mengerti:

1. Unleaded gasoline only.

2. Minimum octane requirement: 89 AKI (Anti Knock Index)

3. Never use leaded fuel, as it would cause permanent damage to both the catalytic converter and the engine-management system’s oxygen sensors.

Mohon pencerahaan dari teman2 sekalian.

Tanggapan – soni indra

Sependek pengetahuan saya BBM sangat jarang menjadi penyebab kerusakan fuel pump, kalaupun BBM sangat kotor sekali mungkin akan menyebabkan sumbatan atau merusak membrannya. tapi sangat jarang sekali sampai merusak sistem kelistrikan fuel pump. Jadi kalau di aliri listrik FP tetap bekerja tapi tidak dapat mengalirkan fuel.
Kalau dialiri listrik tapi tidak mau bekerja, berarti kerusakan terjadi pada sistim kelistrikan FP. Hal ini sepertinya sangat jarang sekali di sebabkan karena jenis BBM……kecuali kalau pada injection pumpnya…..cmiiw…