White Noise adalah noise yang merupakan signal random yang spectral densitynya datar untuk seluruh rentang frequencynya. Logikanya signal seperti ini tidak akan muncul secara alamiah di pengukuran kecuali digenerate oleh signal generator, namun bisa saja ditemui signal mendekati white noise(grey atau pink noise) ditemui di pengukuran getaran.

Tanya – uci sanusi

Milister ahli rotating,

Apakah fenomena white noise ada terjadi dalam aplikasi rotating machine? dan apakah dampaknya kalau terjadi?

Tanggapan 1 – Darwis Sabari

Pak Uci,

Itu terjadinya di daerah mana ? karena kalau rotating machine ini general Pak.

Tanggapan 2 – Ilham B Santoso

Yang saya tahu, white noise adalah noise yang merupakan signal random yang spectral densitynya datar untuk seluruh rentang frequencynya. Logikanya signal seperti ini tidak akan muncul secara alamiah di pengukuran kecuali digenerate oleh signal generator, namun bisa saja ditemui signal mendekati white noise(grey atau pink noise) ditemui di pengukuran getaran.

Karena white noise ini spectral densistynya adalah rata, artinya energy getaran yang dialami sistem yang diukur adalah merata untuk rentang ferkuensi yang diamati, artinya dieksitasi mungkin saja oleh banyak komponen mesin atau biasanya diakibatkan oleh banyak high impulse (impact).

Severity nya bagi equipment tentu tergantung dari level noise ini, dan rentang frekuensinya.

Demikian untuk pembuka awal diskusi.

Tanggapan 3 – aarthatia

Pak Ilham

Maaf ikutan nimbrung.

Apakah signal generator ini berarti mesin dengan frekuensi lebih tinggi? Kalau terlihat di spektrum berarti kan dalam kurun waktu yang sama terjadi frekuensi yang lebih tinggi meskipun amplitude nya normal2 saja.

Dan, berapa ambang batas untuk noise level ini yang dianggap masih aman.

Terima kasih, maaf pertanyaannya kalau terlalu basic.

Tanggapan 4 – zaitbpau

Pak Artha dan Pak Ilham yth,

Benar white noise adalah sinyal random yang kandungan frekuensinya terdistribusi merata di sepanjang rentang frekuensi yang lebar. Walaupun demikian, tidak benar bahwa white noise tdk terjadi di alam tetapi di harus dihasilkan di sinyal generator.

White noise selalu muncul dalam suatu pengukuran, terutama bila sinyal yang diukur kecil. White noise biasanya tdk diinginkan dalam sistem pengukuran. Itulah sebabnya kt melakukan averanging (perata-rataan) atau menggunakan filter. White noise juga dpt terjadi pada sinyal kontrol.

Jadi pada semua sinyal pengukuran dan kontrol analog, white noise selalu muncul tinggal apa dominan atau tdk. Baik pengukuran pada mesin rotasi (pertanyaan awal di milist ini oleh Mas/Mbak Uci Sanusi) maupun non rotating; bahkan pada stasionary equipment.

Seara fisik pun white noise juga muncul pada mesin rotasi ketika terjadi metal to metal contact. Ketika fenomena ini terjadi maka gaya dan torsi gesek yg timbul berupa white noise. Namun, krn dynamic flexibility dari mesin dan struktur penumpunya merupakan fungsi frequency maka respon dinamik yg diperoleh bukan lg white noise.

Smoga berguna,