Ada 2 gaya yang bisa menyebabkan vertikal movement yaitu adanya perubahan mementum aliran fluida (karena ada belokan, atau restriksi yang lain)- yang rumusnya F.t=m.v (m=massa, v=kec. fluida). gaya kedua adalah dari ekspansi thermal. untuk gaya karena perubahan momentum sepertinya tidak dominan, justru yang dominan adalah gaya karena ekspansi thermal. Umumnya ekpansi thermal ini justru diberikan fleksibilitas untuk bergerak karena bila ditahan akan menghasilkan tegangan (stress) yang sangat besar.. Sedangkan gaya akibat pressure 40-50 bar bukan faktor penyebab vertikal movement tetapi dia berarah ke radial (menekan dinding pipa).

Tanya – Ahmad Santoso

Dear Mailist,

Ada yang tahu cara menghitung gaya yang menyebabkan vertical movement di wellhead x-mas tree?

Klien kami meminta kami memasang support berupa semacam tripot dari pipa dikombinasikan dengan guy wire sling pada wellhead mereka dimana kami akan membangun Production Well Test Facility untuk sumur tersebut.

Tetapi saya susah menghitung konstruksinya karena tidak tahu persis cara menghitung main cause maupun contributing cause yang menyebabkan terjadinya displacement tersebut. Perlu diketahui bahwa wellhead yang saya maksud ini ada di suwur geothermal dimana temperature mencapai 250 deg C, tubing pres. 40-50 bar.

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – akurizaldi

Pak Ahmad,

Ikut nimbrung.

Yang dimaksud vertical movement disini adalah gerakan karena tekanan dari dalam sumur kan pak?

Dengan diketahuinya tekanan sepertinya bisa didapat gaya (force) ke atas yang harus ditahan oleh wire sling di X-tree. Perhitungan fisika dasarnya P = F/A.

Namun utk kasus ini pasti tidak sesederhana rumus tersebut.

Kalau simulasi dengan Caesar bs gak yah…?

Tanggapan 2 – Teguh Santoso

ikut nimbrung…

ada 2 gaya yang bisa menyebabkan vertikal movement yaitu adanya perubahan mementum aliran fluida (karena ada belokan, atau restriksi yang lain)- yang rumusnya F.t=m.v (m=massa, v=kec. fluida). gaya kedua adalah dari ekspansi thermal. untuk gaya karena perubahan momentum sepertinya tidak dominan, justru yang dominan adalah gaya karena ekspansi thermal. Umumnya ekpansi thermal ini justru diberikan fleksibilitas untuk bergerak karena bila ditahan akan menghasilkan tegangan (stress) yang sangat besar.. Sedangkan gaya akibat pressure 40-50 bar bukan faktor penyebab vertikal movement tetapi dia berarah ke radial (menekan dinding pipa)..CMIIW.