Saya ada kasus pipeline dan mohon pencerahannya dari Bapak. Saat ini saya terlibat dalam project untuk membuat design subsea flowline yang menghubungkan new subsea wellhead dengan existing platform. Yang menjadi masalah pipa baru tersebut kalo di plot sebagai garis lurus akan melewati existing wellhead. Saya ingin menanyakan berapa jarak minimum antara pipa baru ini dengan existing wellhead tersebut (100m, 200m?).

Tanya – widya pradhana

Dear Pak Budi,

Pak Budi…maaf sedikit mengganggu. Saya ada kasus pipeline dan mohon pencerahannya dari Bapak. Saat ini saya terlibat dalam project untuk membuat design subsea flowline yang menghubungkan new subsea wellhead dengan existing platform.

Yang menjadi masalah pipa baru tersebut kalo di plot sebagai garis lurus akan melewati existing wellhead. Saya ingin menanyakan berapa jarak minimum antara pipa baru ini dengan existing wellhead tersebut (100m, 200m?).

Dan hal-hal apa saja yang menjadi bahan pertimbangan (defleksi pipa, efek hydrodynamic atau mungkin ada yang lainnya…….) ?

Saya saya sudah mencari di DNV 101 dan API 1111, namun kedua nya tidak mengatur secara secara specific mengenai jarak minimum antara pipa dengan subsea wellhead, apakah mungkin ada referensi lain yang mengatur tentang hal ini ?

Kemudian mengenai design dari dog leg, adakah code / standar / referensi yang mengatur secara specific tentang panjang dog leg maupun konfigurasinya (L, Z atau U) atau hanya berdasarkan judgement dari engineer nya?

Kriteria kriteria apa saja yang menjadi bahan pertimbangan ketika mendesign dog leg tersebut (besar expansi pipa, available space di sekitar platform atau yang lain nya….)?

Saya ingin tau pendapat dari rekan2 lain di luar tempat kerja saya sekarang (Tripatra), mungkin Pak Budi bisa memforwardkannya ke rekan2 pipeline yg berkompeten dibidang ini via japri.

Makasih sebelumnya ya Pak…. : ).

Tanggapan 1 – Soendoro, Iwandana

Pak Budi/ Pak Widyapradhana,

o Untuk jarak minimum pipeline ke existing facilities itu memang tidak ada di specification atau di code. Kita pernah melakukan hal tersebut dan refer ke company specification min 50 m dari existing facilities. Untuk detail jarak tersebut kembali ke company spec masing – masing dan di konfirmasi dengan dengan drilling dept. hal – hal tersebut lebih kepada pipeline installation method, existing facilities maintenance dll

o Untuk mendesign expansion loop/ dog leg analysis point nya adalah temperature karena pergerakan pipa ini akibat temperature. Selain itu yang perlu di consider adalah:

1. Total stress and strain distribution

2. longitudinal strain due to temperature gradient

3. anchor point dan transition length

4. displacement due expansion loads loads resulting from strain distribution

5. friction factor

6. pipe submerged weight

Mudah – mudahan bisa membantu

Tanggapan 2 – Satio Braskoro

Sekedar menambahkan,

1. Jarak minimum. Tidak ada code khusus yg mengatur tentang ini. Anda harus lakukan stress analysis (pakai Autopipe contohnya) dan juga lihat layout field-nya.

2. Design dogleg. Tergantung code yg anda pakai. Pada dasarnya sama saja dengan stress analysis pada pipeline. Hanya saja ada stress concentracion factor (SCF) pada bend. Anda bisa pakai DNVOSF101, API1111, ASMEB31.8/31.4, client specs, etc. Driving force utama utk expansion design adalah (tentu saja pipe properties juga berpengaruh):

a. Perbedaan temparature antara pipeline dan temperature sekitar

b. Pressure, terutama karena end capped effect. Force karena poisson effect ada pengaruhnya tetapi sedikit.

c. Soil friction. Ini penting sekali untuk mengurangi panjang expansion.

Note. Jika jarak antara new subsea well head ke existing platform tidak terlalu panjang, maka anda bisa modelkan dari new subsea well head sampai existing platform. Dengan ini anda tidak perlu menentukan ‘virtual anchor point’. Dan tentu saja anda juga tidak perlu untuk memberikan displacement di ‘virtual anchor point’ tersebut.

Mengenai konfigurasi & panjang dogleg, kita sebagai engineer yang harus menentukan. Kalau saya selalu mencoba bentuk yang paling sederhana (misalnya L shape) sebelum mencoba bentuk lain (misalnya U shape).

Semoga membantu.