Buat pakar IT, bisa ga Modem diparalel, seperti 2 Video card dalam satu PC.
Mohon sharingnya. Kalau ada yang bisa, caranya gmana ya?
Apa dengan Modem yang indentik?

Tanya – Gunawan Hendra

Buat pakar IT, bisa ga Modem diparalel, seperti 2 Video card dalam satu PC.
Mohon sharingnya. Kalau ada yang bisa, caranya gmana ya?
Apa dengan Modem yang indentik?

Tanggapan 1 – Eko Prast

jawabnya, bisa;

apalagi kalau OS-nya sudah Win 7, tinggal colok aja pak;

Tanggapan 2 – Hendra Gunawan

Pak Eko,

Jadi penasaran buat mencoba, but
Kalau Modemnya tidak satu merek apa ga problem?

Tanggapan 3 – akbar kriswanto

pa Gunawan, proses komunikasi ga liat Merek pak 🙂 selama bisa online oke oke ajah.
Tapi penggunaan 2 modem tersebut tidak berpengaruh banyak untuk kecepatan akses internet. itu hanya berfungsi sebagai Redudancy, satu untuk standby. karena PC/Laptop tidak punya kemampuan untuk menggabungkan speed itu. kecuali modem itu dipasang ke alat semacam router, baru bisa di bundle jadi 1 dan speed nya meningkat.

Tanggapan 4 – Abdul Chadir

Bisa pak hanya tinggal dipakai internet sharing (pada OS yang dipakai Win/Lin) mode untuk HSDPA sebagai client dengan IP Private dengan kecepatan yang mungkin bisa dibilang sangat minim karena kebanyakan HSDPA bandwidth di Indonesia menggunakan mode share bandwidth tidak dedicated dan juga akan dapat membuat modem HSDPA akan cepat panas yang dapat mengakibatkan kerusakan pada devices. Ada tips dan trick nya kalau bapak menginginkan bandwidth yang stabil yaitu dengan ditambahkan antenna external (bisa dibuat sendiri). Ada salah satu Internet Sevice Provider di Indonesia menyediakan layanan IP public dengan mode big bandwidth dan dedicated yang bisa digunakan untuk membangun sebuah server dengan menggunakan akses HSDPA/EVDO yang bisa diakses/dicontrol dimanapun dan kapanpun. HSDPA yang identik yaitu menggunakan modem HSDPA router, lebih baik menggunakan modem router kalau hanya untuk sharing bandwidth sesama client karena fungsi router sendiri menggabungkan dua network yang berbeda dan ini bisa membuat devices akan bertahan lebih lama.

Tanggapan 5 – Admin Migas

Daripada paralel, apa tidak lebih baik berlangganan salah satu ISP yang menyediakan HSDPA dengan kuota dan bandwidth yang lapang.
Kemudian menggunakan router untuk sharing dengan pengguna lainnya tanpa terlalu menurun kualitas akses internetnya.
Di rumah, saya menggunakan metode di atas dengan sharing wi-fi menggunakan Galaxy Tab (saingannya iPad).
Nggak ribet instalasinya, cukup 1 kali klik untuk mengaktifkan mobile APnya.

Tanggapan 6 – Hendra Gunawan

Pak,

Daripada paralel, apa tidak lebih baik berlangganan salah satu ISP yang menyediakan HSDPA dengan kuota dan bandwidth yang lapang –> ISPÂ diindonesia iklannya saja yang mantep, tapi actualnya…1 bulan pertama sih oke, but setelahnya kecepatannya berkurang.
ISP mana yah yang bagus dan ga boong?

Tanggapan 7 – ibnu.migas

Pak,

Skrg sdh ada kan HSPA mobile broadband hotspot ( MW100), harga sktr 1 juta-an. bisa share ke 5 org skaligus.

Selain ada jg yg teknologi sebelumnya, travel broadband hotspot yg mana modemnya dicolokin ke router itu terus dipancarin (compatible over 300 modems), harganya
lbh murah skitar 550rb sd 650rb..

Tanggapan 8 – Abdul Chadir

Bisa juga dengan metode demikian untuk yang sifatnya static, Tetapi HSDPA/EVDO kualitas aksesnya tergantung dari coverage karena kembali lagi ke sifatnya yaitu mobilitas akses.

Tanggapan 9 – Admin Migas

Mungkin sedikit saya beri gambaran aktivitas yang berhubungan dengan Milis Migas Indonesia dan KMI. Tiap hari bisa puluhan megabyte yang mengalir keluar masuk email melalui modem HSDPA saya. Contohnya : anggota yang mengirimkan dokumen untuk di-upload di www.migas-indonesia.net.

Proposal , foto-foto kegiatan, materi presentasi, masukan dari anggota, dan lain sebagainya.

Untuk foto dan materi presentasi, saya selalu minta masternya, bukan yang sudah dikompresi.
1 foto yang diambil oleh kamera saku saja bisa berukuran 3 MB.
1 slide presentasi yang banyak mengandung gambar bisa 10 MB lebih. Belum proses download dokumen-dokumen penting dari internet.

Seperti misalnya CBM Forum yang diupload oleh Mas Joi, total hasil download sebesar 183 MB. Aktivitas di atas belum memasukkan lihat video onstream yang bisa ratusan MB.

Padahal semua kegiatan ini berlangsung bukan dalam orde 1 bulan, tapi tahunan.
Milis Migas Indonesia kan sudah berusia 9 tahun lebih. Jadi tanpa dukungan ISP yang handal, Milis Migas Indonesia tidak akan berkembang maju. ISP mana yang saya gunakan untuk keperluan di atas, bisa diketahui dari alamat email pribadi yang saya gunakan.

Tanggapan 10 – Hendra Gunawan

Salut buat Milis Migas Indonesia dan KMI.

Dengan jumlah puluhan megabyte yang tiap harinya hilir mudik di milis ini mudah mudahan puluhan megabyte juga Ilmu yang bisa kita dapatkan.

Tanggapan 11 – Abdul Chadir

Dari penggambaran yang pak Budi berikan itu menunjukkan sedang terkoneksi/akses melalui pipa IIX, untuk sekarang ini bila mengakses pipa IIX bisa dibilang tidak terasa tapi apabila kita sedang mengkases pipa IX akan sangat terasa. Kebanyakan ISP hanya memberikan informasi kepada pelanggan berupa kecepatan/volume yang didapat bukan dari besar bandwidth yang didapat dan ISP hanya mengumbar informasi IIX dan menutup informasi IX.

Tanggapan 12 – Eko Prast.

Pak Admin;

Kalo boleh tau, ini pake’ yg pasca bayar ya kok bener2 unlimited gitu…….