Integrity inspection utk peralatan listrik, biasanya menggunakan IR Thermography dan utk Rotating nya, menggunakan Vibration Analysis. Prosedur dan Acc nya, mengikuti manual maintenance nya.

Tanya – ard syah

Dear Rekan Migas,

Saya mau menanyakan tentang integrity inspection untuk peralatan listrik semisal = generator (diesel, gas turbine, ccvt,maupun theg), Switchgear, MCC, dan Trafo (kering maupung oil). Adakah yang mengetahuinya..? mohon jikalau berkenan di sharring..tentang perihal tersebut..dari procedure, acceptable value, dan sejauh mana analisis nya…

Tanggapan 1 – jakindosidoarjo

Integrity inspection utk peralatan listrik, biasanya menggunakan IR Thermography dan utk Rotating nya, menggunakan Vibration Analysis. Prosedur dan Acc nya, mengikuti manual maintenance nya.

Tanggapan 2 – Chandra Sunaryo

Selamat siang pak, apakah pertanyaan bapak di bawah telah terjawab?
ada hal yang juga saya tanyakan ke rekan-rekan tentang standar inspeksi rotating equipment.
sekiranya ada bantuan referensi bakum bisa di share kan..
terimakasih,,

Tanggapan 3 – ard syah

tentang integrity inspection di electrical equipment hanya IR Thermography dan Vibration Analysis kah…? bagaimana dengan transformer..?apakah DGA pada transformer tidak termasuk ke dalam integrity inspection..?mohon pencerahan lebih lanjut tentang detail integrity inspection pada masing2 equipment seperti generator (diesel, gas turbine, ccvt,maupun theg), Switchgear, MCC, dan Trafo (kering maupung oil). trima kasih atas informasinya..

Tanggapan 3 – fahmi shalas

ikutan nimbrung nih, untuk integrity inspection di electrical sepengetahuan saya;

1. IR Thermography camera, untuk motor listrik, generator, mcc/panel, trafo (bahkan bisa dipakai juga untuk proses engineer, mechanic dan sipil)

2. Vibrasi analysis, untuk motor listrik/rotating equipment.

3. MCA(motor circuit analysis/offline analysis) & ESA (Electrical signature analysis/online analysis), untuk motor, generator & trafo dalam kondisi running maupun stop.

4. untuk oil trafo sepengetahuan saya hanya cek DGA dan tegangan tembusnya.

Tapi dibalik semua alat yang canggih tersebut harus ada tim yang terintegrasi pula, sehingga data2 yang telah didapat oleh alat tersebut dapat dianalisa dengan lengkap. sehingga prediksi dan hasil analisanya lebih komprehensip.

semoga ada yang bisa menambahkan :).