PM (preventive maintenance) artinya pekerjaan dilakukan secara rutin or periodic sesuai scope pekerjaan yang diberikan beserta responsibilitynya. CM (correrctive maintenance) artinya pekerjaaan troubleshoot, dimana kondisi pekerjaan datang ketika terjadi masalah dan harus diclose dengan sesegera mungkin sesuai dengan SLA (Service Level Agreement) yang telah disepakati. Untuk schedule n execution compliance dua2nya diperlukan, karena schedule diperlukan untuk PM dan execution berhubungan dengsan CM itu sendiri.

Tanya – alfi azhari

Rekan-rekan milis migas, saya ingin menanyakan beberapa hal:

1. apakah perbandingan antara corrective dg preventive maintenance (atau sebaliknya) menggambarkan tentang efektivitas PM?

2. perbandingan tsb dirumuskan sebagai = CM dg status close/(CM dengan status close + PM dengan status close). benarkah perumusan tsb?

3. perlukah kita menghitung schedule compliance? apakah tidak cukup hanya menghitung execution compliance saja? kan yg penting pekerjaan selesai sblm target?

Mohon pencerahannya.

Tanggapan 1 – Antoni Ginting

Pak Alfi

Corrective : memperbaiki

Preventive : mencegah.

PM : apa ya?

Tanggapan 2 – Ma’sum

Dear pak alfi,

Sepengetahuan saya semua ini berhubungan dengan maintenance service.

PM (preventive maintenance): yang artinya pekerjaan dilakukan secara rutin or periodic sesuai scope pekerjaan yang diberikan beserta responsibilitynya.
Ex. Genset maintenance dalam perihal PM adalah pengecekan genset untuk pergantian air filter,oil filter,etc n iclude refuel filter.

CM (correrctive maintenance): yang artinya pekerjaaan troubleshoot, dimana kondisi pekerjaan datang ketika terjadi masalah dan harus diclose dengan sesegera mungkin sesuai dengan SLA (Service Level Agreement) yang telah disepakati.
Ex. genset accu lemah and diperlukan replacement or pekerjaan yg memerlukan perbaikan yg tidak trmasuk maintenance rutin (diluar PM).

Untuk schedule n execution compliance dua2nya diperlukan, karena schedule diperlukan untuk PM dan execution berhubungan dengsan CM itu sendiri. Dan untuk perbandingan saya kurang memahinya, mungkin dari bapak2 sekalian ada yang lebih paham dari saya.

Tanggapan 3 – Harry Situmorang

PM itu adalah Preventive Maintenance pak. Tapi satu hal lagi yang harus ditambahkan adalah predictive maintenance. Mungkin teman2 roteq bisa jelaskan mengeai arti kata predictive itu dari sisi maintenance.

Tanggapan 4 – Antoni Ginting

Pak Harry,

Ya kalau PM diartikan Preventive maintenance bagaimana korelasi preventive dibanding corrective.

Bukankah PM dilakukan agar tidak terjadi corecctive (break down).

Apa mungkin istilah ini berbeda penerapannya dalam tiap perusahaan?

Kalau ditempat saya dilakukan predictive dan preventive yg sdh terscedul. Corrective akan dilakukan kalau dari hasil PdM dan PM ada trend penyimpangan.

Tanggapan 5 – oki hermawan

Dear Bung Alfi,

1. apakah perbandingan antara corrective dg preventive maintenance (atau sebaliknya) menggambarkan tentang efektivitas PM?

A : PM ada istilah lainnya yaitu Planned Maintenance yang artinya sama saja perawatan yang direncanakan / berdasarkan prediksi (Predictive Maintenance), perawatan dilaksanakan sebelum terjadi permasalahan. Efektivitas PM dapat dilihat dari perbandingan jumlah pelaksanaan item2 PM dan CM, semakin kecil jumlah CM bisa berarti equipment tsb well maintained dan artinya aktivitas Planned Maintenance lebih efektif.

2. perbandingan tsb dirumuskan sebagai = CM dg status close/(CM dengan status close + PM dengan status close). benarkah perumusan tsb?

A : Yang ini saya tidak mengerti, biasanya saya hanya melakukan perbandingan seperti no. 1 untuk melihat keefektivitasan PM.

3. perlukah kita menghitung schedule compliance? apakah tidak cukup hanya menghitung execution compliance saja? kan yg penting pekerjaan selesai sblm target?

A : Perlu, schedule of compliance juga dapat melihat keefektivitasan PM tadi, apakah PM dilakukan sesuai dengan schedule atau ada keterlambatan yang pastinya keterlambatan dalam PM akan mempengaruhi performance dari equipment tersebut, karena PM dibuat dari prediksi lifetime suatu equipment tersebut untuk dirawat / diganti / dilakukan treatment.

Sekian, semoga semakin cerah seperti yang Bung Alfi pinta dibawah.
CMIIW / Cemiwiw…