Mohon bantuan rekan2 yang pernah mendesign offshore platform or else dimana dibutuhkan kondisi lingkungan such as : wave condition, soil condition, water condition, etc, darimana kita mendapatkan data tersebut ?, apakah kita harus membeli dari lembaga bakosurtanal (misalnya) atau ada lembaga alternatif lainnya. Sekedar info kami sedang ada request design platform untuk shallow water di selat makasar tepatnya di sangatta tapi terus terang environment condition-nya bener-bener buta, mungkin ada dari rekan rekan yang lebih maestro untuk ini, menurunkan sedikit ilmunya :).

Tanya – Irfan

Mohon bantuan rekan2 yang pernah mendesign offshore platform or else dimana dibutuhkan kondisi lingkungan such as : wave condition, soil condition, water condition, etc, darimana kita mendapatkan data tersebut ?, apakah kita harus membeli dari lembaga bakosurtanal (misalnya) atau ada lembaga alternatif lainnya.
sekedar info kami sedang ada request design platform untuk shallow water di selat makasar tepatnya di sangatta tapi terus terang environment condition-nya bener-bener buta, mungkin ada dari rekan rekan yang lebih maestro untuk ini, menurunkan sedikit ilmunya :).

thanks and salam hangat.

Tanggapan 1 – Saiful, Erwan

Apakah hal tersebut seharusnya termasuk ‘Company Supply Data’?

Tanggapan 2 – Hari, Suprayitno (Supraco)

Kalau tidak disebut khusus, biasanya itu sudah termasuk data yang di provide oleh Owner. Soalnya biasanya mereka itu sudah punya environment data dari survey sebelumnya di mana mereka beroperasi/explorasi, dan diberikan saat menenderkan proyek.

Tanggapan 3 – Sinulingga, Edim Toto

Pak Irfan,

Sekedar memberi informasi yang saya tahu. Sepengetahuan saya hanya bakosurtanal lembaga yang memberikan data fisik kelautan. Itupun data yang diberikan terbatas pada data pasang surut dan bathymetri. Sejauh ini belum ada lembaga yang khusus menyediakan data gelombang (koreksi bila salah). Untuk memperoleh data gelombang,khususnya tinggi gelombang, diperlukan survei dalam jangka waktu tertentu (bisa sebulan, 6 bulan atau lebih tergantung pada keakuratan data yang hendak diperoleh). Namun karakteristik gelombang di suatu lokasi perairan bisa diperkirakan atau dimodelkan dengan spektrum gelombang yang sudah baku seperti spektrum JONSWAP, Betchneider, dsb. Tapi untuk Selat Makassar, karakteristiknya cukup unik sehingga perlu survei khusus untuk itu. Selain data gelombang, kondisi arus juga diperlukan (water condition yang anda maksud). Saat ini sudah banyak tersedia software2 yang dapat digunakan untuk memodelkan arus, salah satunya adalah SMS.

Saya kira institusi-institusi kita sudah sangat mampu dalam mendesain offshore platform. Saya sarankan anda menghubungi mereka untuk memperoleh masukan yang lebih akurat.

Tanggapan 4 – irfan

terima kasih buat bung hari suprayitno dan bung erwan saiful atas commentnya.

memang kalo itu merupakan suatu tender atau legal request pasti sudah include didalam request form atau tender document, hanya saja sebagai salah satu perusahaan yang ingin sedikit ber-positioning (mengutip kata hermawan kertajaya) perlu untuk mulai memasang ‘engine’ guna ‘mencuri start’ kata businessman, perlu rasanya menjemput bola salah satunya adalah dengan memulai design-design baru sesuai environment condition, itu pula yang sedang kami lakukan.

Nah sekarang gimana dengan rekan2 semua, apa ada yang mempunyai info dari environment condition tersebut ?, mohon kalo ada info bisa kirim berita,

thanks and salam hangat.