Biasa nya untuk menentukan jarak pipe support dapat berkordinasi dengan team civil /structure piping/pipeline engineer, kenapa ?? karena disana ada faktor stress pipe yg berhubungan dengan jarak pipe support, terus dari structure dari beban pipe dan tegangan yg berpengaruh terhadap material /profile apa yg hendak anda design.

Tanya – abdur

Kepada Yth. Rekan-Rekan

Mohon dikirim ke japri atau literature apa yg dapat sy baca tentang ketentuan jarak pipe support untuk pipe line atau kilang oil & gas. Terima kasih.

Tanggapan 1 – firdaus

Dear Pak Abdur,

Sebagai acuan awal, Bapak bisa buka MS-SP-69 di table 3.

Mengapa acuan awal? Karena jarak support pada tabel ini dibuat dengan asumsi untuk tekanan,temperatur,ketebalan dan material tertentu saja.

Pengetahuan tentang jarak saja tidak cukup, harus dilakukan seleksi yang sesuai untuk jenis support pipa.

Sebaiknya Bapak menggunakan software pipe stress analysis yang sudah umum digunakan seperti Caesar II atau Autopipe.

Tanggapan 2 – yunianto

Biasa yg kerja di konsultan engineering punya pdf utk pipe span (yg sdh dibuat table)…mohon dishare ke p’Abdur…file sy blm ketemu.

Tanggapan 3 – Ijef effendi

Rekan Abdur ato Abdul nieh :-),

Mungkin masukan untuk anda saja, biasa nya untuk menentukan jarak pipe support anda dapat berkordinasi dengan team civil /structure piping/pipeline engineer, kenapa ?? karena disana ada faktor stress pipe yg berhubungan dengan jarak pipe support, terus dari structure dari beban pipe dan tegangan yg berpengaruh terhadap material /profile apa yg hendak anda design.

Demikian ulasan sedikit saja dari saya karena gak bisa banyak-banyak tar rekans milis lainya biar ada inputan :-).