Instrument Tubing setahu saya, digolongkan menjadi : 1. Impulse Tubing (silakan lihat-lihat instrument hook-up drawings); 2. Air Line Tubing (silakan lihat-lihat instrument air line diagram); 3. Signal Tubing (silakan lihat-lihat pneumatic signal diagram). Tubing spec terdiri dari material, size dan wall thickness. Mirip dengan pipa lah selectian-nya. Agar safe, orang yang melakukan pekerjaan tubing harus benar-benar faham apa yang dikerjakan dan resiko bekerja di hazardous area.

Tanya – Turip no

Dear Rekan2 sekalian,

Saya petugas safety konstruksi di lapangan, kebetulan saat ini saya sedang ikut project major modification (structural, piping, hotbolting, flare boom installation, shutdown and tie-in) di CVX live platform di offshore angola. Platform di sini rata2 buatan thn. 1980. Kebetulan sekarang kami sedang mengerjakan platform yang ke-5 untuk phase ke 2. Beberapa hari yang lalu saya mengalami incident kecil di lapangan yang berkaitan dengan instrument tubing. Saya melihat bermacam2 fungsi tubing di platform : general air (udara), gas, vent, drain, methanol, ESD (Emergency shut down).

Yang menjadi pertanyaan saya adalah :

Kenapa instrument tubing tersebut tidak di berikan perbedaan warna dari setiap fungsinya ? mungkin spt tubing untuk ESD warnanya merah, lalu untuk general air (udara) mungkin warna aslinya stainless dan lain sebagainya. Ini untuk lebih mudah untuk membedakan apa fungsi tubing tersebut. Kalo saya lihat untuk pipa terdapat perbedaan warna pipa untuk water/air (warna biru), general air/udara (warna hijau), fire system (warna merah). Saya berpikir dengan membedakan warna pada tubing akan lebih mudah kita membedakan secara visual dan akan lebih safe terutama jika ada pekerjaan2 maintenance, modifikasi atau reparasi di platform.

Maaf saya hanya orang konstruksi, mungkin rekan2 yg expert di instrument atau process safety bisa menjelaskan kepada saya. Mungkin kalo ada standard2 yang berkaitan dengan instrument tubing bisa di share ke saya. Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – S Heri Santosa

Pertanyaan Mas Turipno sangat membuat saya penasaran karena selama bekerja dibagian instrumentasi tidak memperhatikan hal tersebut. Saya mencoba mencari referensi standar akan hal tersebut namun belum ketemu. Tetapi memang sepanjang pengetahuan saya selama ini penggunaan kode pewarnaan untuk installasi tubing belum pernah saya jumpai (ada standar yang menyebutkan kode pewarnaan untuk control valve yaitu hijau untuk valve NO dan merah untuk valve NC, tapi tidak untuk instalasi tubingnya), dan biasanya pemilihan tubing didasarkan pada:

• Temperatur sistem (misal digunakan pada steam boiler, hidroulic sistem atau untuk gas nitrogen)

• Working Pressure

• Kemungkinan korosi

Selain itu untuk installasi pada tubing instrumentasi juga digambarkan pada P&ID baik itu untuk proses air or gas instrument (Pneumatic), hidroulic, steam dan lainnya. Pemasangan tagging biasanya dilakukan pada field instrument (yang kemungkinan ada tubing terpasang) dan juga akan dapat dilihat pada gambar P&ID. Jadi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, dalam proses penanganan tubing mitigasi yang diperlukan antara lain:

• Memastikan orang yang akan menangani mengerti tentang proses terutama sistem instrumentasinya.

• Melakukan release secara aman dan memastikan tidak ada pressure sisa.

• Melakukan Job safety analisys untuk dapat mengidentifikasi kemungkinan bahaya lain.

Mohon maaf kalau ada kekurangan.

Tanggapan 2 – Yose Ishak

Pak Turipno,

Setahu saya belum ada yang melakukan identifikasi dengan mewarnai kesuluruhan permukaan tube ya.

Untuk instrument tube biasanya dilakukan adalah memasang tag plate ataupun dibuat dalam bentuk tertulis (di tulis di permukaan tube-nya) seperti:

IA = instrument air

PA = plant air

AS = air supply

GS = gas supply

HS = hydraulic supply

NS = nitrogen supply

SS = steam supply

WS = water supply

O2 = oxygen

N2 = nitrogen

dll.

Kalau untuk medical gas memang biasanya menggunakan warna sebagai identifikasi (hijau putih = oxygen; dll.).

Penggunaan warna menjadi semakin rumit karena proses dalam plant yang semakin kompleks.
Menurut saya sepertinya penulisan kode atau inisial fluida menjadi solusi terbaik.

Tanggapan 3 – Dirman Artib

Sebagai orang konstruksi berpengalaman Pak Turipno sudah tahu kalau tubing tak diwarnai, dan oleh karena sebuah incident kecil lalu men-trigger dia untuk memikirkan dan atau punya ide sbg preventative action yaitu mewarnai tubing (begini baru namanya Safety Man).
Masalah pernah atau tidak pernah orang mewarnai berbeda dengan harapan Pak Turipno yang arahnya adalah boleh apa tidak boleh mewarna tubing.

Apakah boleh diwarnai ?

Nah sekarang silahkan ahli instrument menjawab lagi, kalau boleh kasih alasan, kalau tidak boleh kasih alasan juga, kalau makruh silahkan jelaskan risk nya.

Tanggapan 4 – Suryanto

Dear Pak Turipno di Angola…

Jika saya boleh mengubah pertanyaan bapak menjadi, “Bagaimana mengidentifikasi tubing ?”

Instrument Tubing setahu saya, digolongkan menjadi :

1. Impulse Tubing (silakan lihat-lihat instrument hook-up drawings)

Material Impulse Tubing umumnya stainless steel, tapi kadang diganti menjadi monel atau hastelloy tergantung fluida apakah hydro carbon, sea water, atau lainnya, mengikuti pipe spec.

Size minimum 3/8 inch atau seringnya ½ inch.

2. Air Line Tubing (silakan lihat-lihat instrument air line diagram)

Material Tubing untuk air line (instrument air / gas supply) selalunya stainless steel.

Size biasanya 3/8 inch, refer to company spec untuk tubing size

3. Signal Tubing (silakan lihat-lihat pneumatic signal diagram)

Material Tubing untuk signal line (instrument air / gas) selalunya stainless steel.

Size biasanya 1/4 inch, refer to company spec

Dalam drawings, impulse tubing / airline tubing / signal tubing sedikit berbeda symbolnya.

Tubing spec terdiri dari material, size dan wall thickness. Mirip dengan pipa lah selectian-nya.

Agar safe, orang yang melakukan pekerjaan tubing harus benar-benar faham apa yang dikerjakan dan resiko bekerja di hazardous area.

Terakhir,

Tidak ada color coding untuk tubing.

Nanti platform / pneumatic panel nya jadi terlalu meriah kalo kebanyakan pewarnaan…

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan yang tergabung dalam milis migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: