Pada operasi pemboran pastinya harus menggunakan lumpur pemboran untuk mengangkat serbuk bor, melumasi rangkaian pipa bor dan pahat bor,, tentunya dari semua itu akan terjadi pengurangan lumpr secara parsial. Yang saya ingin tanyakan adalah : 1. bagaimana cara mengetahui apa saja komposisi dari lumpur tersebut dan juga jumlah properties yang dibutuhkan selama pemboran berlangsung; 2. treathment apa yang dilakukan jika terjadi pengurangan lumpur..???

Tanya – mohamad syahroni

Dear Milister,

Pada operasi pemboran pastinya harus menggunakan lumpur pemboran untuk mengangkat serbuk bor, melumasi rangkaian pipa bor dan pahat bor,, tentunya dari semua itu akan terjadi pengurangan lumpr secara parsial.
Yang saya ingin tanyakan adalah :

1. bagaimana cara mengetahui apa saja komposisi dari lumpur tersebut dan juga jumlah properties yang dibutuhkan selama pemboran berlangsung.

2. treathment apa yang dilakukan jika terjadi pengurangan lumpur..???

Tanggapan 1 – Novianto Dwi Wibowo

Properties lumpur yang digunakan tergantung dengan berapa besar pressure formasi yang akan di deal [overbalanced,underbalanced,balanced].
Terjadi pengurangan lumpur di pit/storage ? Indikasi lost circulation. Mohon koreksi.

Tanggapan 2 – mohamad syahroni

Mas Novi,,

mungkin benar yang anda kemukakan,,
jika terjadi lost sirkulasi maka properties lumpur juga akan menurun kualitasnya..
jika demikain apakah harus menambahkan aditif ke dalam borehole??

Tanggapan 3 – Novianto Dwi Wibowo

Sependek sepengetahuan saya, bila terjadi lost circulation, ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan yang arahnya menjaga bottom hole pressure tetap berada di kisaran angka melebihi sedikit dari tekanan formasi. Menambah volume dan atau menaikkan mud weight. Mohon dikoreksi

Tetap selalu koordinasikan dengan company man sampeyan.