Melalui headhunter sebenarnya kandidat mendapatkan advantage dari sisi negosiasi kompensasi dan proses rekrutmennya. Dikarenakan kami tetap berpatokan pada win win solution sehingga tidak terjadi deadlock yg akhirnya gagal join. Juga sedikit informasi, bahwa headhunter biasanya tidak mengambil keuntungan dari gap antara budget yang disediakan klien.

Tanya – Ivan Bintara

Mau numpang tanya:

Saya pernah diminta untuk apply (kirim CV) untuk suatu posisi oleh salah satu perusahaan head-hunter yang cukup beken. Ketika saya tanya, kebetulan dia sebutkan nama company-nya (di salah satu negara middle east). Ketika saya lihat di website perusahaan tersebut, ternyata posisi tsb juga di iklankan, dan kita bisa apply langsung.

Menurut bapak/ibu, apakah lebih baik memasukan CV lewat head hunter tadi atau langusng ke perusahaan tsb?. Siapa tahu ada pakar SDM di milis ini yang memberikan pencerahan atau ada yang punya pengalaman mengenai plus minusnya.

Tanggapan 1 – Dirman Artib

Masukan 2-2 nya pak. Sekalian nguji siapa yg lebih punya kemampuan untuk menjual, anda atau pemburu kepala. Tapi biasanya anda kalah karena nggak terlatih menjual kepala.

Tanggapan 2 – omar.assegaf

Pak Ivan,

Sekadar berbagi pengalaman dari prespektif headhunter.

Memang sering client kami juga pasang untuk posisi yg sama di website mereka atau job portal lainnya. Namun salah satu alasan mereka menggunakan jasa headhunter adalah mendapatkan kandidat yg telah melalui proses screening maupun soft references yg kami lakukan. Selanjutnya headhunter juga langsung in touch dengan user sehingga dapat mempercepat proses rekruitmennya.

Semoga membantu pertimbangannya.

Tanggapan 3 – Nugroho

Pak Umar,

Ikut urun rembug,

Bagaimana dengan hasil akhir (kompensasi bagi kandidat itu sendiri) apa akan berpengaruh? Mengingat Head Hunter mengambil gap yang ada disitu? Jika tidak, apa sebenernya nilai tambah bagi perusahaan itu sendiri akan kehadiran head hunter?

Tanggapan 4 – umar assegaf

Pak Nugroho,

Melalui headhunter sebenarnya kandidat mendapatkan advantage dari sisi negosiasi kompensasi dan proses rekrutmennya. Dikarenakan kami tetap berpatokan pada win win solution sehingga tidak terjadi deadlock yg akhirnya gagal join.

Juga sedikit informasi pak, bahwa headhunter biasanya tidak mengambil keuntungan dari gap antara budget yg disediakan klien. Karena budget kami biasanya sudah ada dalam rekrutmen budget klien kami sehingga kami tidak mengambil keuntungan apapun dari sisi finansial kandidat. Basically saya katakan malah the better you get the better we get. So terjadi simbiosis mutualisme.

Kemudian kenapa perusahaan membutuhkan headhunter?

– Dalam era pasar terbuka saat ini kebutuhan akan talent yg kualified sangat tinggi sedangkan resources nya kadang terbatas. Dalam hal ini saya katakana bukanlah lagi kebutuhan akan hard skills namun soft skills yang sering klien minta.

– Headhunter biasanya mempunyai data yg cukup lengkap tentang talent yg tersedia. Sehingga proses pencarian kandidatnya dapat sangat menghemat waktu.

– Dalam memanage ekspektasi kandidat, headhunter merupakan pihak netral yg lebih dahulu mengenal kandidat tsb. Sehingga proses negosiasi nya akan lebih cepat dan effektif.

– Branding, biasanya headhunter bekerjasama hanya dengan perusahaan perusahaan multinasional maupun perusahaan perusahaan yg di kenal dengan good corporate governance. Sehingga secara pribadi saya selalu menawarkan suatu posisi yg lebih baik untuk para kandidat.

Demikian penjelasan saya pak.

Tanggapan 5 – Taufik H.S.Ad. –

Tapi dengan Catatan Head Hunter nya juga harus yg professional.

Sugest dari milis sebelah.. Bila ada perusahaan atau head hunter mau posting. Harus benar2 hormati moderator milis untuk di appraisal sedikit profesionalisme nya.

Kemarin saya test case ada yg posting di Milis kta ini. Masih ada jua recruiter yang kurang pro. Sekedar kejar target, undang interview lewat operator telp kantornya gak berani buang pulsa dikit,telp lgsg ke job seekers nya.
Buat saya yg begini kategory recruiter serok ikan pakai pukat harimau.

Tanggapan 6 – berlian syako

Sering terjadi lewat head hunter justru lebih tinggi ratenya.

Ini bisa terjadi karena si head hunter punya hubungan baik dengan orang di company tsb dan langsung bernegosiasi untuk mendapatkan rate yg optimum. Makin bagus rate yg diperoleh tentulah makin besar fee yg didapat si headhunter. Kalau kita yg bernegosiasi langsung ke company belum tentu dapat rate yg optimum, jangankan dapat rate yg optimum, bisa jadi pada saat kirim cv langsung di delete, itulah manfaatnya headhunter.
Headhunter banyak membantu dalam membackup kita, mulai dari tahap proses rekrutmen, negosiasi gaji, sampai mobilisasi.
Jadi percayakan saja kepada headhunter apalagi head hunter yg sudah profesional.