Bagaimana cara menghitung arus hubung singkat suatu electrical circuit, sehingga kita bisa menentukan circuit breaker yang akan dipakai (berdasarkan perhitungan arus hubung singkat tersebut)?

Tanya – didik blora

Mohon bantuan dan petunjuk dari senior…

Bagaimana cara menghitung arus hubung singkat suatu electrical circuit, sehingga kita bisa menentukan circuit breaker yang akan dipakai (berdasarkan perhitungan arus hubung singkat tersebut)?? terima kasih.

Tanggapan 1 – Fidelis Galla

formulanya :

I_sc=(1000xKVA)/(V_line_to_linex1,73)

semoga bisa membantu.

Tanggapan 2 – indra_gaya2000

Bapak2. maaf aku ingin bergabung di pembahasan ini.

sepertinya bapak didik mencari kA rating / breaking capacity untuk menentukan kA pada CB.
mungkin dokumen terlampir yg saya ambil dari salah satu brand circuit breaker adalah jawaban dari diskusi ini.
Thanks.

Tanggapan 3 – Fidelis G Limbong

maaf, tulisan saya yg terdahulu terdapat kesalahan. rumus tersebut digunakan untuk menghitung arus beban penuh (full load). Untuk menentukan arus hubung singkat, mohon diperjelas jenis fault-nya (apakah three phase fault, phase to phase fault, phase to neutral fault atau phase to earth fault), karen jenis fault tersebut mempengaruhi besar arus hubung singkatnya.

Tanggapan 4 – didik blora

Bapak fidelis, kasusnya adalah saya akan menentukan nilai dari CB, dalam CB tersebut ada kemampuan CB arus hubung singkatnya (misal 4,5 kA, 6 kA dst) saya belum tahu cara menentukan arus hubung singkat dari beban yg dipasang, sehingga masih bingung menentukan CB berdasarkan kemampuan arus hubung singkatnya. mohon bantuan bapak.. terima kasih…

Tanggapan 5 – mujibul.anam

mungkin bisa dicoba dengan menggunakan software seperti ETAP, PTW, dll..

biasanya sih dibuat dulu modelnya berupa single line diagram beserta input paramater-parameternya terutama menyangkut generators/power grids dan electric motors sebagai kontributor arus hubung singkat..

kalo mau menghitung secara manual, kayaknya sih kita perlu hitung dulu impedansi equivalent di lokasi fault kemudian kita hitung arus hubung singkatnya dengan persamaan seperti misalnya:

I”k= (c*Un) / (sqrt(3)*Zeq)

berapa seharusnya device rating suatu breaker (menyangkut arus hubung singkat ini) adalah tergantung dimana breaker tersebut berada dalam electrical system.

Informasi lebih jauh bisa dibaca di beberapa sumber terkait, contohnya user guide ETAP..

Tanggapan 6 – faried mustawan

Mas Didik,

untuk hitungan yang benar short circuit tentunya banyak aspek yg harus diperhitungkan.
http://www.schneider-electric.com/documents/technical-publications/en/shared/electrical-engineering/electrical-know-how/low-voltage-minus-1kv/ect158.pdf

mulai dari upstream short circuit power, upstream impedances, earthing system, etc.
Sebenarnya untuk final DB supply dari PLN level Sc 4.5kA, 6kA – 10kA bisa dipergunakan, untuk safe nya incoming pakai CB dengan rating kA yg lebih besar dari outgoing CB dengan kurva pemutusan yang lebih cepat. Fuse, Cable incoming yang cukup panjang, atau pemasangan incoming breaker bisa mereduce kA rating cukup significant.

Ada beberapa sofware free yang bisa di down load semisal ecodial, di google aja ada banyak link.