Cara pencegahan korosi : a. Painting; b. Cathodic protection; c. Penggunaan material CRA;
d. Menggunakan corrosion inhibitor. Pada dasarnya semua logam cenderung terkorosi, namun tingkat kemudahan untuk korosinya berbeda2 tergantung dengan apa yg disebut Electomotive FOrce (EMF), ada logam yg sangat mudah terkorosi seperti Natrium, Kalium, ada yg relative mudah terkorosi seprti tembaga, seng dan besi ada yg sulit terkorosi (hingga kadang disebut logam mulia) seperti perak, platina dan emas.

Tanya – teguh kurnianto

Dear millis,

Pak mohon beri pencerahan mengenai gimana cara atau metode2 pencegahan korosi untuk logam…

Dan logam apa saja yang bias terkorosi….

Sebelumnya makasi untuk pencerahannya.

Tanggapan 1 – Isya Muhajirin

Pak Teguh,

Penjelasannya akan butuh cukup panjang dan lebar. Untuk hal2 yang mendasar mengenai korosi bisa coba googling. Banyak sekali laman yg membahas mengenai korosi dan pencegahannya.

Pada dasarnya semua logam dasar terkorosi karena kecenderungan untuk kembali bentuk alamiahnya. Kenapa bisa gitu, ini juga butuh penjelasan ilmiah yg panjang dan lebar.

Maaf tidak bisa banyak membantu.

Tanggapan 2 – misbari

Mas Teguh,

Sampean bisa dapatkan info lengkap mengenai korosi disini : www.sspc.org

Mas Teguh :

1. Cara pencegahan korosi :

a. Painting

b. Cathodic protection

c. Penggunaan material CRA

d. Menggunakan corrosion inhibitor

2. Pada dasarnya semua logam cenderung terkorosi, namun tingkat kemudahan untuk korosinya berbeda2 tergantung dengan apa yg disebut Electomotive FOrce (EMF), ada logam yg sangat mudah terkorosi seperti Natrium, Kalium, ada yg relative mudah terkorosi seprti tembaga, seng dan besi ada yg sulit terkorosi (hingga kadang disebut logam mulia) seperti perak, platina dan emas.