Barang kali ada yang mau share gimana caranya untuk menghilangkan Ground fault.

Tanya – Sadad Anwar

Barang kali ada yang mau share gimana caranya untuk menghilangkan Ground fault.

Tanggapan 1 – bambang_hw@rekayasa

Pertanyaan mas sadad ini sptnya kurang spesifik dimana terjadinya ground fault, tapi hal ini bisa dicheck:

1. Apakah grounding conductor baik elektrik maupun instrument (diplant equipment,local panel, MCC,SwG, Control Room, dll) sdh cukup (~)/ resistance ±< 1 Ohm - 10 Ohm?

2. Apakah ada pemisahan antara grounding Instrument dan Elektrikal?

3. Jika no. 2 Ya, maka sumber groundfault bisa lebih dipersempit berasal dr elektrikal atau instrument?

4. Yakinkan masing2 equipment/ instrument digrounding di satu grounding system dengan yg di MCc atau control room. Jika system dilapangan mempunyai grounding terpisah dari grounding di MCC atau control room (misalkan), kemungkinan akan terjadi loop power yg bisa menyebabkan indikasi ground fault juga.

5. Contoh utk no. 4 misalkan: transmitter Instrument dilapangan ada grounding, maka system groundingnya seharusnya dijadikan satu/disambung dg controller yg di Control room.

6. Bisa juga ada kerusakan motor atau solenoid atau equipment berkumparan yg lain, sehingga ada semacam short circuit / atau kalau dimegger atau resistansi testnya cukup rendah.

Mungkin kasus ground fault yg ada di tmpt kerja mas sadad bisa ditrace satu persatu.

Tanggapan 2 – raharj77

Pada DC system, yang sering terjadi untuk sistem instrumentasi, ada short kutub + atau -ke ground (body) untuk sistem dc floating. Akibatnya kutub yang short jika diukur terhadap ground sekitar 0V dan ini menyebabkan sensing ground fault di rectifier system aktif.
Untuk tracking circuitnya, ada alat khusus tracking ground fault.
Pada AC system, kawat fasa mempunyai hambatan yg cukup kecil terhadap ground sehingga ada aliran arus menuju ground. Pada GFCI, jika terjadi bocoran arus melampau setting (kalau gak salah sekitar 4mA?), maka akan trip. Pada rele proteksi sebetulnya punya prinsip yg sama.
Untuk trackingnya, bisa dideteksi dg insulation test, tetapi circuit harus dioff.

Semoga membantu.

Tanggapan 3 – yudi ginanjar

Ada yang bisa menjelaskan kalau address ( Cross Talk ) dalam instrument atau Electrica ?l

Kasusnya seperti ini gas detector saya pick up ( aktip ) dengan address Cross Talk.

Tanggapan 4 – berlian syako

Mas Sadad, apakah bisa diceritakan lebih rinci kasusnya.

apa maksud pertanyaan cara menghilangkan ground fault?

Kalau yg saya tangkap bisa jadi kejadiannya mas sadad melihat alarm ground fault dan ingin menghilangkannya. Apakah kasusnya di sistim listrik atau signal instrument? Beda kasus tentu beda penanganannya.

Kalau kasus nya di gangguan signal instrument bisa jadi karena ada intereference, atau ada imbas tegangan karena sambaran petir misalnya, dimana sistim grounding instrument nya tidak mampu mengeliminir efek tsb, atau karena ada kesalahan wiring. Jadi menghilangkannya harus dengan cara trouble shooting sistim wiring dan groundingnya apakah sudah benar.

Tapi kalau kasusnya sistim kelistrikannya, kalau ground fault tidak mengakibatkan trip nya circuit breaker untuk mengisolasi gangguan, maka sistim kelistrikan ditempat mas sadad adalah ungrounded, maka yg perlu mas sadad lakukan cari penyebab gangguannya dititik mana dan hilangkan segera sebelum datang gangguan berikutnya. Gangguan bisa jadi karena terlepasnya salah satu konduktor dan terhubung ke ground atau karena kerusakan isolasi kabel, perlu alat pelacak gangguan dan teknisi yg berpengalaman.

Kalau sistim listriknya solid grounding, maka tidak perlu repot2 karena pada saat terjadi ground fault maka circuit breaker akan trip (open) untuk mengisolir gangguan dan supply listrik ke gangguan terputus, maka setelah gangguan dihilangkan circuit breaker bisa di close kembali.

Tapi kalau yg saya tangkap dari pertanyaan mas hadad sepertinya ini kasus instrument dimana mas hadad kebingungan melihat alarm koq gak hilang2.
Coba lacak wiring nya, bisa jadi ada wire untuk signal yg terhubung ke ground, dan juga coba lacak sistim groundingnya, pastikan tidak ada grounding yg menimbulkan loop tertutup yg menyebabkan interferensi atau induced tegangan tidak bisa hilang.

Tanggapan 5 – faried mustawan

Kadang bikin pening emang kalau ada indication ground fault semisal di UPS feeders, harus telaten nyarinya…kaya nyari sebatang jarum…

Untuk installasi yang baru bisa jadi leakage current terjadi di lingkup vendor panel, kalau masih warranty ya mobilisasi vendor saja…

beberapa reference yang mungkin berguna:

http://www.schneider-electric.com/documents/technical-publications/en/shared/electrical-engineering/protection-devices-monitoring/low-voltage-minus-1kv/ect114.pdf