Apakah hubungan antara Ultimate Strength dengan Yield Strength untuk material pipeline API 5L? Saat ini data yang saya miliki adalah tensile strength. material sendiri sudah tidak ada data tertulis lain selain data pengukuran dan visual di lapangan. Mohon masukannya.

Tanya – Chandra Sunaryo

Apakah hubungan antara Ultimate Strength dengan Yield Strength untuk material pipeline API 5L? Saat ini data yang saya miliki adalah tensile strength. material sendiri sudah tidak ada data tertulis lain selain data pengukuran dan visual di lapangan. mohon masukannya.

Tanggapan 1 – wahyudi rizal

Pak Chandra,

Numpang sharing ya :

– Biasanya pada sertifikat ada sifat mekaniknya Tensile Strength / kekuatan tarik..ini adalh kekuatan maksimum material hingga putus.
dan juga tercantum Yield strenght / kekuatan mulur. Ini menunjukan kekuatan mulur dimana pada saat diberikan beban tertentu, benda tersebut akan mulur/tidak akan kembali lagi karena sdh melalui daerah plastis.

– Untuk mendapatkan itu semua, bisa dilakukan dengan melakukan uji tarik di lab dengan memotong sampel pada bahan tersebut.

Semoga bermanfaat

Tanggapan 2 – Chandra Sunaryo

terimakasih pak,

namun berhubung pipa lama, dokumentasi tidak ada lagi pak untuk sertifikat.

jika tidak dilakukan tes lab karena tidak memungkinkan untuk mengambil potongan pada pipa, apakah dengan menggunakan hardness tester yang kemudian dikonversikan menajdi tensile strength ckp untuk menjadi justifikasi identitas material yang awalnya unknown?

terimakasih,,

Tanggapan 3 – Andarini ST

klo boleh tahu API 5L grade berapa Pak?

Tanggapan 4 – Chandra Sunaryo

Grade B..itu pun berdasar history pembelian yang biasa dilakukan dan uji hardness.
ada masukan pak?

Tanggapan 5 – alek kurniawan

Untuk lebih meyakinkan lagi, selain menggunakan hardness tester, bisa ditambahkan dengan mengunakan positive material identification, atau alloy analyzer, alatnya portable, dimana kemudian bisa diketahui unsur-unsur / chemical composisiton dari suatu material, selanjutnya data kandungan unsur ini dikomparasikan dengan spec chemical composition dari material API 5L.

Tanggapan 6 – hadiwinoto_soedar

Kalau anda curiga material itu benar api 5L.B pada existing pipa system, ada bisa lalukan hardness test dan spark testing (mungkin diijinkan). Asbuilt document yg valid saat serah terima projek semestinya bisa diajukan as reference juga.

Tanggapan 7 รขโ‚ฌโ€œ Andarini

Hmmmm….. ๐Ÿ™‚

U/ nentuin hub. antara Yield Strength vs Tensile Strength aku ga ketemu korelasi yg detail, rata2 orang hanya mengira2; misalnya di link ini: http://www.tppinfo.com/defect_analysis/yield_strength.html; ‘For the low alloy steel, the yield strength is usually about 75-90% of the tensile strength. The comparable figure for a mild steel is about 65-75%. For the annealed austenitic stainless steel, its yield strength is a very low proportion of the tensile strength, typically only 40-45%’.

Ref. terpercaya dan paling presisi yg saya dapat dr Journal (cari2 di spec API 5L juga ngga ada math corelasi antara UTS vs Yield)
Coba cek ke link ini deh Pak, http://www.mendeley.com/research/correlation-yield-strength-tensile-strength-hardness-steels/#page-1.
Ada Journal yang judulnya Correlation of Yield Strength and Tensile Strength with Hardness for Steel by EJ Pavlina & TJ Van Tyne.
Mereka mencoba mencari korelasi (pake’ metode matematik namanya least square linear regression) antara Yield Strength vs Diamond pyramid hardness (a.k.a Hardness VICKERS, yg kita kenal).

Hasilnya u/ Yield Strength:

YS = -90.7+2.876Hv

u/ Tensile Strength:

TS = -99.8+3.734Hv

Satuannya; YS/TS [Mpa], Hv [kgf/mm2].

Berdasarkan journal tsb koef. determinasi dr persamaan diatas R^2 = 0.9212 (artinya ‘nyaris sempurna’, klo R^2 = 1 artinya linear).

Jadi pers. diatas masih relevan u/ memperkirakan berapa Yield Strength via VICKERS Hardness Test :).