Perlu atau tidak nya field joint coating dengan spotblast pada sambungan pipe tergantung dari product data sheet material coatingnya. jika requirement di PDS SSPC SP 10 (SA 2.5) mesti dilakukan Spotblast, akan tetapi jika PDS dibolehkan SSPC SP3 cukup power tool saja.

Tanya – Wawanh88

Dear all,

Kita akan melakukan pipeline field join coating mengunakan tape coating. Apakah Pipenya harus di sandblast terlebih dahulu. Kalau tidak ada alat sand blast di field apakah ada cara lain.

Tanggapan 1 – yacub oding

Dear Pak Wawan,

Sedikit info barangkali bisa membantu, memang benar harus di blasting (tergantung specification) karena sand blasting merupakan salah satu surface preparation untuk coating. dimana surface preparation mempengaruhi adhesion coating tersebut. surface preparation selain sand blasting bisa mengunakan power tooling cleaning (brush grinding).

jika ada yg kurang dan salah mohon di koreksi,

Tanggapan 2 – mmunarist

Pak wawan,

Ini kan pekerjaan FJC (Field Joint Coating), yaitu pekerjaan pelapisan coating atau lebih tepatnya disebut sebagai pekerjaan Wrapping pada permukaan hasill sambungan pengelasan dengan lapisan wrapping/coating atau berjenis chemical foam yang cepat kering. Biasa menggunakan pelapisan yang tidak mensyaratkan adanya sand blast (seperti jenis Den**).

Secara umum FJC berbeda dengan coating yang ada di Manufacture.

Tanggapan 3 – FunkiShortie1

Pak Wawan,

Perlu atau tidak nya field joint coating dengan spotblast pada sambungan pipe tergantung dari product data sheet material coatingnya. jika requirement di PDS SSPC SP 10 (SA 2.5) mesti dilakukan Spotblast, akan tetapi jika PDS dibolehkan SSPC SP3 cukup power tool saja pak. Demikain semoga membantu.

Tanggapan 4 – muhammad rifai

sedikit masukan (boleh dibilang koreksi)

mungkin pak oding agak rancu dengan painting…

jadi di sana ada coating, painting, wrapping, lining, cladding dan ing-ing yang lain… mungkin bisa gugling dulu untuk itu.