Umumnya pabrik yang di design dengan baik dan benar memang harus ada sinergi antara beberapa disiplin ilmu termasuk dengan safety engineering for sure. Meski design pabrik nya sudah baik tapi kalau yang mengoperasikannya kurang baik maka kecelakaan sangat bisa terjadi. Dalam Kilang Minyak atau Gas, peralatan intrumentasi, listrik, pompa dlsb yang mengalami failure bukan suatu hal yang luar biasa kecuali kalau menimbulkan kecelakaan seperti yang terjadi di Cilacap.

Pembahasan – Peni Hadiati

Sekedar share,

Dalam menangani plant untuk mencegah trip atau keadaan bahaya seperti di kilang Cilacap baru-baru ini sepertinya perlu sinergi yang kuat antara engineer instrument dan proses.
Karena instrument tujuannya mengotomatisasi dan memproteksi proses kimia yang berjalan.
Kalau yang saya lihat selama ini sistemnya harus dibuat sedemikian rupa sehingga kerja instrument engineer dan process engineer bisa betul-betul sinergis.

Bukan apa-apa, bertahun-tahun saya berkarir di indusrtri migas seringkali mengetahui plant trip atau lost production atau bahkan meledak hanya gara-gara failure peralatan instrument yang dimana menurut saya pribadi sering terjadi kurang sinkronnya knowledge antara keduanya.
Selain juga unsur operation juga berpengaruh besar di dalamnya.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth – Darmawan A Mukharror

Dear Mbak Peni

Saya kira terlalu simplistis jika anda mengatakan :

‘dimana menurut saya pribadi sering terjadi kurang sinkronnya knowledge antara keduanya’

Tidak melulu kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan design lho. Apa dasarnya anda mengajukan argumen ini? Sepanjang yang saya ketahui, faktor design dalam report HSE UK tahun 1995 hanya menyumbang 15% dari keseluruhan process safety accident.

Semoga menjadi lebih jelas

Tanggapan 2 – Basri Amal

Berdasarkan informasi yang pernah saya dapat, kecelakaan malah biasanya disebabkan faktor lain. Mulai dari kekurangtelitian operator saat waktu kritis (menjelang pergantian shift, waktu makan dlsb) dan sistem manajemen operasi & perawatan yang masih terdapat kelemahan karena memang belum pernah terjadi kecelakaan dengan sistem yang lama.

Kalau dari segi design saya rasa selama ini rata-rata sudah baik, kalau memang ada kelemahan ya hal yang biasa karena teknologi harus berkembang terus untuk meningkatkan kualitas sebaik-baiknya.

Ya kalau teknologi perancangan design & pembangunan konstruksi plant saya akui memang banyak process engineer berperan banyak di sana. Tidak heran juga sampai-sampai sejumlah kalangan memandang perlu untuk melanjutkan studi S2 Teknik Kimia karena memandang itu hal yang amat menunjang.

Mohon maaf jika salah tolong dikoreksi. Thanks

Tanggapan 3 – Sarwono Wijaya

Menurut saya untuk meningkatkan keselamatan & kehandalan serta menghindari bahaya maka diperlukan culture tentang safety dan reliability yang kuat. Semua pihak yang terlibat baik operation, maintenance maupun management harus mempraktekan budaya safety dan reliability yang kuat dan terus menerus diimprove ke arah yang terbaik sesuai perkebangan zaman. Dengan budaya safety orang akan sadar untuk melakukan segala sesuatu agar selamat dan tidak terjadi kerugian pada keselamatan manusia maupun lingkungan hidup. Dengan budaya reliability orang akan semakin aware dengan kinerja dan kualitas peralatan di plant sehingga lebih baik dalam melakukan preventive maintenance, mengatasi obsoletenya peralatan, lebih perhatian dalam mencegah plant trip, dlsb. Sehingga kerugian produksi dapat dikurangi dan plant lebih handal & efisien. Saya kira butuh komitmen serius dan kedisiplinan tinggi untuk melakukan semua ini. Mengenai melanjutkan studi S2 saya kira hal itu amat positif dilakukan karena sekarang sudah dibutuhkan multidisiplin kompetensi untuk bekerja mengatasi berbagai persoalan dan melakukan terobosan jitu dalam dunia migas.

Tanggapan 4 – pagaralam_ind

Mbak Peni….

Umum nya pabrik yg di design dengan baik dan benar memang harus ada sinergi antara beberapa disiplin ilmu spt yg mbak bilang termasuk dengan safety engineering for sure.

Meski design pabrik nya sudah baik tapi kalau yang mengoperasikannya kurang baik maka kecelakaan sangat bisa terjadi.

Dalam Kilang Minyak atau Gas, peralatan intrumentasi, listrik, pompa dlsb yang mengalami failure bukan suatu hal yang luar biasa kecuali kalau menimbulkan kecelakaan seperti yang terjadi di Cilacap.

Untuk menghindari peralatan fail atau kejadian-kejadian yang tdk diinginkan maka harus ada yang nama nya Pre Maintenance (PM) yang terjadwal dan konsisten dilakukan dan dilakukan dengan tidak asal-asalan. Kalau pada manusia apa yg disebut dg Medical Check Up gitu lah supaya tau apa fungsi jantungnya masih bagus, kolestrol nya masih normal, asam urat nya ngak naik, tekanan darah nya rendah atau tinggi dll…supaya bisa diambil tindak yg diperlukan shg tetap sehat walafiat.

Demikian mbak Peni.