Referensi atau design spec untuk pondasi pompa dan genset yang biasanya di bangun di industry dan pabrik-pabrik, dapat dilihat di buku : 1. Design of Structures and Foundations for Vibrating Machines – Michael O’Neil et al; 2. Principles of Soil Dynamic – Braja M. Bras. Untuk Standard, bias pakai Foundations for Dynamic Equipment, ACI 351.3R-04.

Tanya – Sayyid Hasan Al Hamid

Saya ingin bertanya sekaligus minta referensi jika di antara kawan ada yang memiliki referensi atau design spek untuk pondasi pompa dan Genset yang biasanya di bangun di industri dan pabrik2, biasanya mereferensi ke Standart mana dan bisakah saya di beri referensi atau contoh perhitungan dari kawan2 yang sudah pernah mendesign pondasi pompa dan genset tersebut.

Terima Kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – hananto

Mas sayid, untuk genset dan pompa dianalisis saja secara statis dengan syarat massa pondasi min 3x berat pompa atau genset.
Thanks

Tanggapan 2 – Yessi Dian Sari

Dear Pak Sayyid,

Untuk referensi bisa lihat di buku :

1. ‘Design of Structures and Foundations for Vibrating Machines’, Michael O’Neill et al

2. ‘Principles of Soil Dynamic’ Braja M. Das

Untuk Standard, bisa pakai:

1. Foundations for Dynamic Equipment, ACI 351.3R-04

Tanggapan 3 – Sayyid Hasan Al Hamid

Untuk pak hananto dimana standart code itu (berat concrete harus > 3x dari berat pompa diatasnya) diambil pak? Bisa di share untuk code standartnya?

Untuk Bu Yessi yang point 1 saya pernah punya tapi entah kemana e-book itu sekarang, bisa di kasi link lagi untuk point 1-nya yang point 2 saya sudah punya cuman belum di baca2 hehe… maklum kadang kita ada kasus dulu baru mau mencari tau..

untuk yang ACI 351 saya belum punya yang saya punya 318 (yang di jadikan acuan SNI beton 2002) bisa dishare jika memiliki llinknya untuk saya baca2 bu…

Terima Kasih sebelumnya buat semua dan yang melalui Japri juga terima kasih…

Tanggapan 4 – Thomas Yanuar P

Mas Sayid,

Sedikit masukan dari saya tentang yang dituliskan Pak Hananto:

Secara umum, rule of thumb jika kita sebagai perencana tidak ada/tidak bisa mendapatkan data analisa dinamis (dynamic analysis) dari RE, sengaja kalimat itu saya tebalkan dan garis bawahi sebagai catatan penting, maka langkah berikut ini bisa kita pergunakan:

a. Struktur pendukung atau pondasi untuk RE CENTRIFUGAL yang mengeluarkan output KURANG dari 500 HP (horse power), maka berat pondasi didesain tidak boleh kurang dari 3 (tiga) kali dari berat RE secara keseluruhan. Terkecuali jika ada pemberitahuan lain dari pabrik pembuatnya.

b. Sedangkan untuk RE RECIPROCATING yang mengeluarkan output KURANG dari 200 HP, maka berat pondasi didesain tidak boleh kurang dari 5 (lima) kali dari berat RE secara keseluruhan. Terkecuali jika ada pemberitahuan lain dari pabrik pembuatnya.

Perbandingan rasio massa 3:1 dan 5:1 ini juga merupakan nilai empiris yang telah lama dipakai perbandingan untuk massa pondasi terhadap massa RE/mesin. Tentu saja nilai perbandingan tersebut bisa kita ubah menjadi lebih kecil dan tentu saja harus dibarengi dengan perhitungan dan bukti terapan dilapangan yang cukup.
Dan meskipun pendekatan dengan metode ini merupakan best practice terhadap rule of thumb, sebaiknya pada pendesainan tetap dilakukan analisa dinamis untuk memprediksi perilaku pondasi akibat RE.

Patut dipertimbangkan bahwa untuk penempatan/lokasi pondasi RE haruslah terpisah dari pondasi dan bangunan lain. Dasar pemikirannya adalah massa pondasi RE maupun efek getaran yang dihasilkan akan memberikan stress/tekanan pembebanan terhadap pondasi dan bangunan disampingnya dan ataupun sebaliknya jika tidak ada pemisahan.

Berbicara tentang jarak pemisahan pondasi RE terhadap struktur lain disampingnya, saya merekomendasikan lebar ruang antara (space) minimal sebesar 2,5 kali lebar pondasi berukuran terkecil.
Nilai ini dianggap sebagai best practice serta karena stress yang diderita tanah dibawah struktur/pondasi lain (pada jarak ruang antara tersebut) tidak akan menimpa tanah dibawah pondasi RE dan sebaliknya. Pada jarak tersebut juga, dapat dihindarkan akibat negative dari transmisi amplitudo getaran yang merugikan lewat tanah disekeliling.
Silahkan jalan-jalan keblog saya untuk melihat lebih detail tentang desain pondasi mesin termasuk juga saya berikan contoh perhitungan dengan memakai analisa dinamis.

BELAJAR DESAIN PONDASI MESIN (ROTATING EQUIPMENT FOUNDATION)

Tanggapan 5 – Sayyid Hasan Al Hamid

Oke pak thomas sangat bermanfaat ilmu yang diberikan, yang di berikan pak thomas bermanfaat dan saya sedang mempelajari teori-teori dan dasar keputusan tersebut diambil, saya sedang membaca buku yang di berikan bu yessi. Saya di tuntut untuk mengeluarkan pendapat yang berdasar, dan memang seperti itulah harusnya yang kita terapkan ya pak.

Saya ijin jalan2 ke blognya ya pak, dan jika kurang paham saya isi commentnya dengan pertanyaan2 yang masih awam namun ada dasar sedikit ilmu teknik sipil.. 😀