Jenjang karir pada umumnya didisiplinnya sendiri misalnya dari mechanic ke Supervisor dan seterusnya, tapi lebih tergantung dari usaha anda ‘menjual diri anda’ dan tentunya dengan modal belajar hal2 lain dan ‘menampakkan diri didepan publik’. Pengalaman memperlihatkan banyak orang sukses dibidang lain dan tidak harus stick di skill anda sekarang.

Tanya – siti nurhidayah

Dear milis,

Mohon sharing pengalaman/pengetahuan rekan milis disini yang saya tahu sudah banyak pengalaman di Migas, mengenai karir di offshore dengan kondisi sbb :

Posisi : Mechanic Crane

Pengalaman kerja : +/- 10 thn

ganti perusahaan juga di posisi yang sama.

kira-kira dengan kondisi di atas apakah ada jenjang karirnya atau seumur hidup di posisi itu?

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – heru suprapto

Jenjang karir pada umumnya didisiplinnya sendiri misalnya dari mechanic ya ke Supervisor dan seterusnya, tapi pendapat saya lebih tergantung dari usaha anda ‘menjual diri anda’ dan tentunya ya dengan modal belajar hal2 lain dan ‘menampakkan diri didepan publik’. Pengalaman memperlihatkan banyak orang sukses dibidang lain dan tidak harus stick di skill anda sekarang. Teman saya dari STM mesin tapi sukses ((hidupnya) jadi pemborong bangunan. Begitu…

Tanggapan 2 – Pison Tulus Tua

Mungkin saya mengerti maksud ibu siti nurhidayah mengenai pertanyaan yang diajukan, tapi mohon maaf juga jika salah.

1. Kalau saya melihat domain email anda, sepertinya dari bank yah?

jadi kemungkinannya adalah hanya satu, jika saya boleh tebak mungkin anda sebagai analyst kredit atau orang yang menganalisa kemampuan calon kreditur yang ingin meminjam uang ke bank mungkin dalam jumlah besar.

2. jika memang ibu menemukan calon krediturnya adalah pekerja mechanic crane dan berpengalaman 10 tahun tapi kerjanya pindah-pindah, ini memang wajar bu…karena terkadang mereka pekerja profesional yang tergantung project juga…jadi memang pindah-pindah…Tapi jangan takut bu, malah terkadang gaji mereka besar banget walaupun hanya lulusan STM atau SMK…Jadi tinggal ibu lihat aja umurnya saat ini sekarang..jika pinjamannya sampai dengan 10 tahun kedepan, minimal umur dia pensiun 55thn (koreksi saya jika memang pernah menemui crane operator lebih tua dari ini).

semoga saya tidak salah nih menjawabnya…jadi deg-deg’an nih menunggu respon yang lain…hehehe..

Tanggapan 3 – Muhuila Habib

Ibu Siti, kalau masih berfikiran ingin jadi karyawan sampai matipun tetep jadi karyawan. Tanyakan hati anda sendiri, apakah masih ingin tetap jadi karyawan? Karir apa yang cocok untuk tenaga ahli mechanic crane walaupun puluhan tahun, saran saya kumpulin saja gaji yang anda dapatkan untuk modal usaha yang mandiri, bisa menjadi supplier tenaga mechanice crane, supplier spare part crane dan atau usaha lain yang kira2 cocok dengan hati anda.
Semoga membantu.

Tanggapan 4 – Peni Hadiati

Kepada Ibu Siti

Saran saya kepada anda adalah sebaiknya anda berani banyak belajar dan masuk ke dalam pekerjaan lain jika memang menginginkannya.
Mungkin dapat dilakukan dengan mencari pekerjaan lain yang sesama mekanik tetapi bagian lain atau mencoba mencari posisi lain semacam mechanic slickline atau designer engineering dlsb.

Mengenai syarat wajib mungkin bisa didapat dengan mengikuti training atau mengambil sertifikasi dlsb ataupun nekad mengambil posisi pekerjaan yang belum pernah anda alami tapi anda rasa anda akan potensial cocok dan baik di sana.
Yakinlah akan berhasil jika banyak berusaha dan beribadah pasti ada jalannya.
Jika ingin mengembangkan karir lebih baik lagi mungkin ada baiknya anda melanjutkan jenjang studi yang lebih tinggi.
Sebab pendidikan jaman sekarang ini sangat penting & belajar adalah kewajiban kita seumur hidup.

Tanggapan 5 – siti nurhidayah

bisa menjadi supplier tenaga mechanice crane, supplier spare part crane.

Pak Habib, good idea mengenai pendapat bapak di atas, sepertinya selama ini ide seperti di atas belum pernah terlintas….terima kasih sebelumnya patut dicoba :).