Untuk mengetahui bahwa solar dicampur minyak tanah adalah sebagai berikut : 1. Masukan solar tersebut dalam botol, kemudian kocok beberapa saat. Jika timbul busa yang banyak dan busa tersebut butuh waktu beberapa detik untuk hilang maka kemungkinan kecil solar tersebut dicampur minyak tanah, namun jika busa yang ditimbulkan tidak banyak dan langsung hilang, maka kemungkinan besar solar tersebut sudah dicampur minyak tanah; 2. Ambil batu es dan letakan dalam wadah tertentu, kemudian tuangkan solar tersebut diatas es batu dimaksud, jika terjadi gumpalan seperti lilin, maka kemungkinan solar tersebut tidak dicampur minyak tanah, namun jika tidak terjadi gumpalan seperti lilin maka kemungkinan solar tersebut dicampur minyak tanah; 3. Untuk lebih pasti bawa saja solar tersebut ke lab di pertamina.

Tanya – Eri prasetyo

Selamat pagi, mohon bantuan rekan2 ada yg bisa membedakan cara yg mudah untuk mengetahui minyak solar yg ada campuran minyak tanah, saya pernah kecolongan mesin mobil rusak karena membeli bbm di pinggir jalan, dari bau ada indikasi mitan, kira2 rekan milis bisa share hal2 lain yg perlu diperhatikan?
Terima kasih

Tanggapan 1 – Antoni Ginting

Sorry tidak menjawab pertanyaan tapi rekonfirmasi saja, bukankah sekarang justru minyak tanah dicampur solar?

Tanggapan 2 – Hotler Na70

Lebih masuk akal minyak tanah dicampur solar karena perbedaan harga,betapa bodohnya kalau solar dicampur minyak tanah tapi dijual dgn harga SOLAR?!

Tanggapan 3 – rizky aditya

selamat siang Pak Eri,

Kalau menurut saya, bisa jadi solar tersebut merupakan solar hasil kilangan masyarakat oleh karena itu ada indikasi mitan. Karena seperti yang kita ketahui di daerah Sumatera atau Jawa marak sekali pencurian crude oil, dan crude oil tersebut ada yang dijual ke penadah dan ada juga yang mereka olah sendiri menjadi solar, premium dsb.

Saran saya beli bbm ke SPBU resmi pak.

Tanggapan 4 – Herman Susatyo

Sekedar sharing…

Untuk mengetahui bahwa solar dicampur minyak tanah adalah sebagai berikut :

1. Masukan solar tersebut dalam botol, kemudian kocok beberapa saat. Jika timbul busa yang banyak dan busa tersebut butuh waktu beberapa detik untuk hilang maka kemungkinan kecil solar tersebut dicampur minyak tanah, namun jika busa yang ditimbulkan tidak banyak dan langsung hilang, maka kemungkinan besar solar tersebut sudah dicampur minyak tanah.

2. Ambil batu es dan letakan dalam wadah tertentu, kemudian tuangkan solar tersebut diatas es batu dimaksud, jika terjadi gumpalan seperti lilin, maka kemungkinan solar tersebut tidak dicampur minyak tanah, namun jika tidak terjadi gumpalan seperti lilin maka kemungkinan solar tersebut dicampur minyak tanah

3. Untuk lebih pasti bawa saja solar tersebut ke lab di pertamina.

Tanggapan 5 – dudi mulyadi

Kayaknya sekarang tidak mungkin lagi yang jualan Solar dicampur dengan Minyak tanah. Karena harga mitan ( Rp 7500) di pasaran tingkat pengecer lebih mahal ketimbang harga solar ( Rp 4500).

Tanggapan 6 – Eri prasetyo budi

Ya pak dudi kalau di jawa memang ga mungkin, tp kalau di daerah kalimantan tengah yg belum konversi hal ini sangat besar kemungkinan utk di campur, apakah ada yg bisa bedakan sifat fisik, bau.