Instrument air dryer yang sering dipakai di berbagai jenis industri adalah yang desiccant type. Refrigerant type mulai ditinggalkan karena ada beberapa jenis fluida untuk refrigerasi yang dilarang pemakaiannya karena isu lingkungan sehingga membatasi fleksibilitas operasinya dari sisi ketersediaan bahan. Selain itu, desiccant type lebih mudah pengoperasiannya dan lebih praktis maintenance-nya dibandingkan type refrigerant.

Tanya – Wawan Hendrawan

Dear All,

Saya mau minta masukan kelebihan dan kekurangan dryer type *desicant* dan * refrigerasi* untuk instrument air compressor.
Baik dari segi dew point yg dicapai, operatibility dan maintenance, power consumption dll.
Terima Kasih.

Tanggapan 1 – Andi Priyono

Mas Wawan,

Sependek yang saya tahu, sekarang ini instrument air dryer yang sering dipakai di berbagai jenis industri adalah yang desiccant type. Refrigerant type mulai ditinggalkan karena ada beberapa jenis fluida untuk refrigerasi yang dilarang pemakaiannya karena isu lingkungan sehingga membatasi fleksibilitas operasinya dari sisi ketersediaan bahan. Selain itu, desiccant type lebih mudah pengoperasiannya dan lebih praktis maintenance-nya dibandingkan type refrigerant.

Tanggapan 2 – Aurora Firdaus

http://www.hydraulicspneumatics.com/200/TechZone/AirFiltersandFR/Article/True/6459/TechZone-AirFiltersandFR

http://en.wikipedia.org/wiki/Air_dryer

Moga membantu..