Kami ada permasalahan sedikit mengenai burner fuel oil. Pada burner tersebut sering mengalami oil drip, hal ini kemungkinan spec dari fuel oil yang selalu berubah.

Tanya – ericson parulian

Dear Rekan-rekan Milis,

Kami ada permasalahan sedikit mengenai burner fuel oil. Pada burner tersebut sering mengalami oil drip, hal ini kemungkinan spec dari fuel oil yang selalu berubah, hal ini terlihat dari data dibawah ini :

No. Tank API Visc 140 C (cST) Visc 210 C (cST) Flash Point (0C) WC (% Vol)
T0316 27.2 37.29 10.79 150 0.1
T0317 25.5 51.24 15.82 184 0.2

Tanggapan 1 – Sigit kumoro bekti

salam Pak Ericson,

Temperature fuel oil dan steam atomizingnya berapa? apakah ini boiler?

Tanggapan 2 – ericson parulian

Salam Pak Sigit,

Base On Design temp. fuel oilnya dijaga 100 C pak… Untuk dipakai di Heater, untuk memanaskan bahan baku.. Tahun lalu permasalahannya lebih parah karena tidak adanya temperature control untuk fuelnya, kita sudah aktifkan sehingga terbnetuknya cokenya sudah berkurang, akan tetapi terkadang masih terjadi juga, kemungkinan karena perubahan viscositas dari fuel oilnya.. untuk itu saya akan membuat guidance untuk delta press untuk atomizin steamnya.. Base on Experience rekan2 milis, ada masukan untuk masalah ini? mohon pencerahannya..Thanks

Tanggapan 3 – Sigit kumoro bekti

Pak Ericsson,

Dulu saya pernah menghadapi permasalahan yang sama 50 MW oil fired boiler (menggunakan MFO), pada header Delta Press Steam atom and Oil sangat bagus, karena ada PCV pada header. tetapi masih terjadi juga oil drip pada beberapa burner, sedangkan Temperature Oil juga bagus memenuhi design burner. setelah di cek ternyata terjadi penurunan delta pressure pada oil gun yang mengalami drip (kontruksi susunan Burner-punya permasalahan) sehingga kalau dilihat pada peep hole gun yang mengalami drip warna flame agak kuning menyala dengan ada agak gelap pada core flame sedangkan yang memiliki Delta Pressure yang bagus nyala nya bagus dan terang sehingga pada waktu itu kita coba coba naikin temperature oil untuk mendapatkan fuel oil yang lebih encer dan mengkompensasi penurunan temperature oil pada downstream atau burner. tapi menaikan temperature bukan solusi karena ada leak pada mech seal oil pump. so temp dibatasi aja waktu itu pernah kita naikan sekitar 10 deg C dr normalnya, sehingga jalan satu satunya pada waktu itu selalu setiap hari memberihkan gun yang sama, untuk membersihkan oil drip sebab pada kondisi tertentu akan mengerak pada nozzle tip. soalnya perbedaan visko oil selalu susah dikendalikan apa yang kita dapat dari pertamina.

Semoga ada gambaran. Kalau ada cara lain dengan pencampuran kimia untuk mengkontrol visko mungkin bisa dicoba, karena waktu itu kita ga mau coba coba dengan kimia.

Tanggapan 4 – Andi Priyono

Pak Sigit/Pak Ericsson,

Mungkin harus dianalisis pada temperature berapa fuel oil tersebut memiliki viskositas yang optimum sehingga pada saat sampai ke burner tidak mengalami oil drip. Tentunya dianalisis sampai ke kondisi worst case scenario. Temperature itu yang nantinya akan menjadi acuan temperature yang harus dijaga sebelum masuk ke burner. Untuk menjaga temperature fuel oil tidak turun dari nilai tersebut, bisa dengan banyak cara, misal dengan memasang heat tracing di sepanjang pipa inlet ke burner, atau dengan memasang fuel heater.

Tanggapan 5 – ericson parulian

Dear Pak Sigit,

Terima kasih atas sharing pengalamannya.. Benar pak, mungkin kasus kita sama pak.. Kami juga pakai fuel dari pertamina, Transfer dari Pertamina ke tanki fuel kami. Permasalahannya, oil drip tidak selalu terjadi, terkadang kita dapat fuelnya yang lebih berat kemungkinan terjadinya oil drip itu besar. Mungkin ini dapat diatasi dengan menaikkan atomizing steamnya, hanya berapa yang harus dinaikkan kita belum ada experience untuk itu, karena kalau terlalu besar juga akan menaikan konsumsi fuelnya.. Kalau pak Sigit berapa temp MFO untuk ke burnernya? sebgai referensi untuk kami.. karena kami juga uda naiikan 5 C dari sebelumnya, karena permasalahan design tanki dan mechanical seal designya..
Terima kasih

Tanggapan 6 – Rahmat Fauzi

Salam bg Ericson….

Masalah itu sepertinya terjadi juga dengan unit kita… He..he… Ya memang viscosity sangat berpengaruh terhadap pembentukan coke di tiap2 burner heater… Atomizing steam sependek pengetahuan saya memang akan membantu untuk pencegahan pembentukan coke pd burner terutama jika visco fuel oil kita sedikit lebih tinggi atau seperti masalah bg eric yg visc fuel oil nya fluktuatif… Untuk delta press atmzg steam spertinya masih ada peluang u dinaikkan sedikit (vs 1.5 – 2.1 kg/cm2 best practisenya)..

Tanggapan 7 – basuki_ririn@yahoo

Kami pernah inject heavy crude untuk fuel boiler dengan flow improver visco modifier. Sukses. Cuman lupa eay brend nya. Untinya memang bisa dihandle dengan visco modifier chemicals. Silahkan cari product2nya ke yg ahli.

Tanggapan 8 – ericson parulian

Dear Pak Basuki,

Prinsip kerja Flow Improver itu seperti apa ya pak ?? Permasalahan Oil Drip tidak selalu terjadi pak, terkadang terjadi oil drip.. berhubung permsalahan ini ada dampaknya ke effisiensi heater dan aspek safety, untuk saya akan melaksanakan training ke operator.. Mohon sharing experience and knowledgenya pak.. Terima kasih.

Tanggapan 9 – rizalich@yahoo

Pak Basuki,

Apakah ini sama dgn Viscosity Cutter atau Drag Reducer?