Pengelasan anchor bolt bukan keputusan yang direkomendasi. Anda harus memperhitungkan kapasitas/kualitas logam/material (ini yang terutama karena ketidak sesuaian pengelasan bisa mengurangi kualitas bahan, periksa dulu kualitas anchor bolt yang terpasang apakah ASTM A36/A36 M, ASTM A193/A193 M Gr. B7 atau ASTM F1554 Gr. 36 atau Gr. 105) , jenis pengelasan dan ketebalan busur, re-coating dengan galvanisasi untuk menghindarkan pemicu korosi diarea HAZ. Jika anchor bolt tersebut berasal dari pump manufacturer, bisa ditanyakan apakah dimungkinkan tindakan pengelasan. Dan tentu anda tidak berharap suatu saat setelah dilas terjadi failure/patah di anchor bolt akibat menahan gaya2 terutama vibrasi karena penurunan kualitas material.

Tanya – Sayyid Hasan Al Hamid, ST

Dear Rekan Migas Indonesia,

Saya ingin bertanya lagi, saya sedang ada kasus dimana pondasi motor sentrifugal dengan beban 6ton di tahan oleh skid yang di beri anchor bolt 10pcs dengan sisa anchor yang muncul 3cm sedangkan skid motor tersebut harus saya naikkan 4cm, maka saya kekurangan drat untuk adjust skid motor tersebut, sempat ada pikiran untuk mengelas anchor bolt tersebut karena untuk mengganti dan harus membongkar lagi anchor bolt yang ada dirasa sangat mahal dan hampir tidak mungkin dilakukan (karena motor hanya bisa di matikan setengah hari (4jam) pada saat maintenance).

Tanggapan 1 – rheza_siregar

Pak Sayyid,

Menurut sy di buat sj titik baru utk anchornya.. Untuk menge’cor’ anchor bisa digunakan Chemical.. Banyak perusahaan yg menjual chemicalnya ini.. Mereka sdh mempunyai hitungannya menggunakan program khusus.. Seperti Hilti atau Fischer.. Bpk bs lgs menghubungi perusahaan tsb.. Dulu sy prnah menggunakannya utk menambah starter bar di bored pile.. CMIIW..

Bagaimana menurut bapak2 dan rekan2 sekalian, mohon saran dan diskusinya.
Terima Kasih sebelumnya

Tanggapan 2 – Rio Hendiga

Mungkin bisa diakali dg membuat extension thread pada bolt tersebut. Sehingga setelah semua extension tersebut sudah tersambung dengan anchor bolt, motor bisa langsung dipasang lagi.
Sebaiknya, bagian extension bolt yang masuk ke dalam anchor bolt musti mentok ke pondasi agar berfungsi sebagai panahan juga. Semoga anda mengerti apa yang saya maksud dan semoga bisa membantu.

Tanggapan 3 – Sayyid Hasan Al Hamid

Pak Reza,

kondisi eksisiting sepertinya tidak bisa pak karena ada pipa kedepan dan keatas sehingga pondasi tidak boleh pindah dari titik sekarang

Pak rio,

ya pak saya mengerti mungkin seperti yang di gambarkan pak simamora gambarannya ya pak.

Tanggapan 4 – Rio Hendiga

Syukur kalau paham dan bisa diterapkan, tapi btw saya ndak tahu tuh gambarnya, mungkin bisa lewat japri aja biar tak mengganggu yang lain.

Tanggapan 5 – Sayyid Hasan Al Hamid

disini aja pak biar yang lain juga bisa diksusi dan share, semoga pak moderator mengijinkan :). ini gambar dan pesannya pak

Pak Hamid,

Desgn Bolt yang baru lebih besar dari yang lama, satu ujungnya di DRILL threaded (sebagi penganti NUT. LIHAT GBR).

Ujung atas di threaded luar untuk NUT yang baru.
Tentu diameter lobang yang di skid harusdi bor lagi sesuai dengan dia bolt yang baru.
Semoga membantu.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan bulan April 2011 ini dapat dilihat dalam file berikut ini :