Perlite biasanya di pakai untuk PFP (passive Fire Protection) jenis Cementious yang di gunakan untuk Cover Tanki Storage/ procces atau pun Leg/ Structure dari tanki tersebut.
Saat ini banyak pilihan untuk jenis PFP, untuk jenis Cementous sudah mulai sedikit yang menggunakan. karena permasalahan dari Thickness yang harus tebal untuk meng-cover kemampuan menambah waktu ‘delay’ jika terjadi Fire di Site atau Area tersebut. selain cementous tersebut, ada juga dari jenis Epoxy Intumecent yang sudah banyak digunakan. salah satu nya saya pakai saat saya melakukan Re-pleacement dan Instalment PFP di Chevron Indonesia Company Santan Terminal. dimana Leg dari 4 Tangki bola (Propane dan Butane) di Re-place dengan jenis Epoxy Intumecent.

Tanya – febri bontang

Kepada Yth. Bapak – Bapak di Milis Migas

Saya mau menanyakan sesuatu hal yang berkaitan dengan tanki LNG , terutama dalam hal material dari tanki LNG. Kemarin saya barusan mencari material dari tanki LNG dan ada namanya perlite. Apakah bapak – bapak di milis migas ada yang pernah mengetahui tenang Perlite ? Mohon sharing ilmunya pak untuk keperluan tugas akhir saya.

Sebelumnya terima kasih banyak untuk perhatiannya.

Tanggapan 1 – Andi Supakti

Dear pa Febri,

Setahu saya untuk Perlite biasa nya di pakai untuk PFP (passive Fire Protection) jenis Cementious yang di gunakan untuk Cover Tanki Storage/ procces atau pun Leg/ Structure dari tanki tersebut.

saat ini banyak pilihan untuk jenis PFP, untuk jenis Cementous sudah mulai sedikit yang menggunakan. karena permasalahan dari Thickness yang harus tebal untuk meng-cover kemampuan menambah waktu ‘delay’ jika terjadi Fire di Site atau Area tersebut. selain cementous tersebut, ada juga dari jenis Epoxy Intumecent yang sudah banyak digunakan. salah satu nya saya pakai saat saya melakukan Re-pleacement dan Instalment PFP di Chevron Indonesia Company Santan Terminal. dimana Leg dari 4 Tangki bola (Propane dan Butane) di Re-place dengan jenis Epoxy Intumecent.

untuk referensi lainnya, saya rasa dari rekan yang senior di Coating terutama PFP bisa menambahkan nya.
seingat saya, ada Local Company yang sudah bisa memproduksi PFP jenis Cementous. kalo gak salah Factory nya ada di Cilegon, coba lihat di Web nya http://ipijaya.com/.

Tanggapan 2 – teguhm_purnawan

Om Febri, di tanki LNG perlite itu bukan material tankinya, tapi material insulasinya. Bentuknya ada yang seperti tepung, atau sedikit lebih besar tergantung ukuran. Posisi perlite diruang anulus antara tanki dalam dan tanki luar.
Kalau material tanki dalam biasanya alloy steel 9% Nickel (ASTM SA-353), dan tanki luar carbon steel. Detailnya bisa coba digoogling saja, lengkap itu.