Kompressor berair disebabkan angin yang dikompresi mengandung moisture. Hal ini sih wajar-wajar saja. Tapi kalau mau tidak berair caranya antara lain: – Menaikkan temperatur system sehingga moisture tidak terkondensasi. Tapi hal ini beresiko mengurangi effisiensi kompresor; – Menggunakan cara drying misalnya dengan: * Menggunakan adsorption dryer. Misalnya dengan silica alumina, silica gel, atau molecular sieve; * Menggunakan chiller untuk menurunkan temperatur gas hingga kira-kira 4 oC agar kandungan moisture dapat dihilangkan sebelum masuk ke system.

Tanya – Primadra Aryadika

Dear Rekan2 Milis

Saya memiliki kompressor dengan keluaran pressure angin 8 bar. Kita udah pake Gear Kompressor, tapi kenapa ya si suctionnya sering berair apalagi ada tampungan elbow yang menurun.
Ada yang tau gak gimana nguranguin kandungan air pada angin kompressor.

Kita udah pake water filter, tapi kayaknya yang lebih bagus kita memang mencari sumbernya.
Mohon info untuk masalah ini….

Tanggapan 1 – Priatna, Waluya

Untuk mengurangi air pada distribusi instrument air / utility air.

1. Pada pemasangan pipa jangan terjadi pocket ( kantong2 ) kalau tidak bisa dihindari install drain valve pada pocket2 tersebut.

2. Install filter.

3. Yang paling penting install Dryer gunanya untuk mengeringkan udara yang di Supply.

Mohon maaf kalau ada kekurangan

Tanggapan 2 – Luhur Wibowo 93

Mungkin untuk tambahan pada line sepanjang discharge bisa ditambahkan air trap, coba buka web site ‘spirax sarco.com’ disitu ada cara pemilihan dan instalasinya’.

Tanggapan 3 -Muchlis Nugroho

Kompressor berair karena angin yang dikompresi mengandung moisture. Hal ini sih wajar-wajar saja.

Tapi kalau mau tidak berair caranya antara lain:

– Menaikkan temperatur system sehingga moisture tidak terkondensasi. Tapi hal ini beresiko mengurangi effisiensi kompresor.

– Menggunakan cara drying misalnya dengan:

* Menggunakan adsorption dryer. Misalnya dengan silica alumina, silica gel, atau molecular sieve.

* Menggunakan chiller untuk menurunkan temperatur gas hingga kira-kira 4 oC agar kandungan moisture dapat dihilangkan sebelum masuk ke system.

Memangnya kompresor untuk menggkompresi gas apa ya? flowratenya berapa?
Karena pemilihan teknologi drying tergantung dari systemnya.

Tanggapan 4 – Anang Sunaryo – PD1

Biasanya untuk kompressor udara (juga yg lain), di suction-nya dipasang drum/vessel yg dilengkapi dengan demister. Air yg ter-kondens akan terkumpul di drum tersebut, sehingga udara keluaran dari atas (yg masuk ke kompressor) lebih bersih (free water berkurang).
Pada bottom vessel juga dilengkapi dengan drain trap (biasanya type free float), untuk mengalirkan air yg ter-kondens ke atm. (elbow yg menurun,sepertinya dimaksudkan untuk penampung water yg kondens, Tapi pemasangan suction drum+demister mungkin bisa dipertimbangkan).

Note:

Kandungan air di udara kira kira 4.9 %mole (saturated). assumsi ambient temperature (33’C, pressure 0 KG),

Tanggapan 5 – Primadra Aryadika

Kompressor kita untuk proses blow moulding dalam produksi botol plastic Makanya susah dalam pengaturan temperatur karena kalau terlalu panas, maka parison plastik akan rusak. Kompressor berair sangat mengganggu karena tiupan yang mengandung air akan menyebabkan bubble pada produk. Hingga saat ini, kita telah menggunakan Suction Filter hingga berapa step ke sistem. Memang ini cukup membantu tapi masih saja sering terjadi…

Kita juga memakai chiller dalam proses cooling produk bagian mould luar. Kondensasi sangatlah tidak diharapkan.Mohon bantuannya…

Tanggapan 6 – Muchlis Nugroho

Oo begitu jadi kira-kira ini adalah kompresor udara untuk meniup botol plastik ya.

Kalau boleh tahu suction filternya dari jenis apa ya? Jika yang dimaksud dengan suction filter adalah sejenis adsorber (misal silica gel, silica alumina, mol sieve) maka aplikasinya sudah tepat. Namun jika moisture masih bisa lewat, coba di check apakah adsorber tersebut sudah jenuh…atau sistem regenerasi kurang bagus. Namun jika ternyata tidak jenuh, maka perlu di pertimbangkan untuk menurunkan suhu suction (sampai 4-6 oC) agar penyerapan moisture di adsorber jadi lebih efektif.

Namun jika suction filter terbuat dari fibre saja, maka filter ini tidak terlalu berguna untuk menghilangkan moisture. Karena di daerah suction, fasa dari moisture adalah gas yang tidak dapat ditangkap dengan mudah oleh fiber.

Jika ternyata anda tidak punya adsorber di suction, maka penanggulangan droplet air dapat dilakukan dengan pendinginan (bisa dengan cooler air pendingin atau Fan cooler) hingga kira-kira temperaturnya 35-40 oC (ini jika T discharge anda lebih tinggi) lalu menaruh semacam flash drum yang dilengkapi wire mesh di sebelah atas. Sehingga Udara kering bisa keluar lewat atas flash drum, dan moisture condensate bisa keluar lewat bawah flash drum. Dan angin peniup botolnya akan terbebas dari droplet air.

Tanggapan 7 – Crootth Crootth

Mas Muchlis,

Melakukan perubahan haruslah melalui koridor Management of Change yang baik. Dalam hal terdapat defect produk maka harus dicari tahu root cause nya apa. Apa benar moisture yang menjadi penyebabnya?

secara jika memang moisture biang keroknya, cara mengurangi moisture ada beberapa cara:

1. Pendinginan / refrijerasi diikuti dengan pemisahan liquid

2. Pemanasan hingga jauh diatas dew point, pada tekanan terkait. Apakah panas akan mempengaruhi proses peniupan? Apakah panas tidak diinginkan?

3. Knocking out liquid dari gas, bisa melalui separasi gas-liquid biasa, sentrifugasi, filtrasi dan absorbsi

4. Adsorpsi dengan media tertentu seperti molecular sieves

Secara pilah pilah caranya berdasakan keekonomian, keefektifan pemisahan, kemudahan pengoperasian, dan keselamatan prosesnya. Mana yang paling mungkin bisa dipasang.

Semoga membantu

Tanggapan 8 – Muchlis Nugroho

tuh dengerin wejangan dari Bang Garong ….. sori-sori ane lupa abis kebiasaan jadi tukang insinyur aja sih, belum ngerasain jadi manajer gitu…. :-).
Kalo dari email aja ya rekomendasinya cuma berupa tebak-tebakan aja… kecuali kalau I sudah lihat barangnya, lihat speknya, & udah investigasi RCA baru deh rekomen-nya bisa lebih valid.