Reverse Engineering merupakan salah satu solusi efisien yang ditawarkan untuk mengatasi masalah misalnya obsolete, ataupun usia pakai pada peralatan. Adapun tujuan reverse engineering adalah : (1) Memperpanjang sisa usia pakai peralatan; (2) Mendapatkan pengetahuan secara komprehensif mengenai perilaku peralatan untuk perawatan yang baik dan sesuai; (3) Mendapatkan harga yang kompetitif untuk perbaikan dan rekondisi peralatan.

Tanya – Bambang Nata

millist migas yth :

Tolong shearing bagi yang mempunyai pengetahuan / pengertian reverse engineering, sebagai contoh peralatan / part yang akan dilakukan reverse engineering itu kriterianya yang bagaimana dll. ( kalau ada yang berupa persentasi ( power point ).

terima kasih,

Tanggapan 1 – jaja mujahid

Pak Bambang,

Per-definisi secara bebas, pada dasarnya reverse engineering merupkan teknik meniru dari produk yang ada. misalkan bapak akan membuat salah satu komponen kendaraan bermotor, yaitu ring piston. bapak berharap ring piston yang bpk akan buat bisa sama atau bahkan melebihi kualitas dari ring piston hasil buatan, misal honda maka disitulah letak definisi reverse engineering itu. (membuat sesuatu dengan hasil minium sama kualitasnya dengan yang ada).

Berkaitan dengan metodologinya,bapak bisa meninjau dari aspek metalography (struktur mikro) atau non-struktur mikro seperti yg telah dijelaskan oleh kawan saya sebelumnya.

Dengan metodologi menggunakan metalography, bapak bisa membandingkan secara visual struktur mikro produk honda dan produk bapak sendiri. dari struktur tersebut bapak bisa men-trace mengapa produk honda memiliki properties yang tertentu….

Ok sekian dulu semoga mendapatkan pencerahan.

Tanggapan 2 – Hadi subiantoro

menurut saya Reverse engineering pengertianya adalah re engineering… mengulang kembali suatu proses jadi apabila suatu part telah ada..dimana part tersebut akan di buat kembali maka dilakukan yang namanya re engineering/ reverse engineering. Maka tahapan tahapan yang harus dilalui adalah tahapan disain, pemilihan metoda manufacturingnya, pemilihan materialnya yang cocok. dll yang nantinya part yang akan dibuat tersebut bisa terealisasi dan dapat diaplikasikan.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: